• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Hari Ini Dalam Sejarah

Hari Ini Dalam Sejarah

16 October
13:39 2017
0 Votes (0)

HDS VOI  ; 16 Oktober 1905 Sarekat Dagang Islam Dibentuk Oleh Samanhudi.

Sarekat Islam yang sebelumnya bernama Sarekat Dagang Islam didirikan pada tanggal 16 Oktober 1905 oleh Haji Samanhudi. Sarekat Dagang Islam merupakan organisasi dagang pertama yang berdiri di Indonesia. Pada awalnya, Sarekat Dagang Islam terbentuk karena adanya penolakan dari para pedagang Islam terhadap masuknya pedagang asing yang ingin menguasai pangsa pasar Indonesia. Pada tahun 1912, H.O.S Tjokroaminoto menggagas organisasi Sarekat Dagang Islam merubah organisasi ini menjadi organisasi pergerakan bernama Syarikat Islam. H.O.S Tjokroaminoto memperluas cakupan Syarikat Islam yang sebelumnya hanya terbatas pada ekonomi dan sosial, kini diperluas pada politik dan agama guna menambah semangat juang Islam dalam rangka perjuangan rakyat terhadap kolonialisme dan imperialisme pada waktu itu. 

16 Oktober, Diperingati Sebagai Hari Pangan Sedunia.

Hari Pangan Sedunia diperingati setiap tahun pada tanggal 16 Oktober, tanggal ketika Organisasi Pangan dan Pertanian (FAO), lembaga Perserikatan Bangsa-Bangsa, didirikan pada tahun 1945. Delegasi Hongaria Menteri Pertanian dan Pangan, Dr. Pal Romany berperan penting pada konferensi tersebut dan mengusulkan ide perayaan Hari Pangan Sedunia. Hal ini telah diperhatikan setiap tahun, lebih dari 150 negara, untuk meningkatkan kepedulian terhadap masalah kemiskinan dan kelaparan. Sejak tahun 1981, Hari Pangan Sedunia mengadopsi berbagai tema untuk perayaan tiap tahunnya dengan tujuan menekankan pada bagian penting dari dunia pangan yang memerlukan perhatian khusus.

16 Oktober 1978 Karol Józef Wojty?a dari Polandia Terpilih Sebagai Paus Dengan Gelar Paus Yohanes Paulus II.

Beato Paus Yohanes Paulus II yang nama aslinya: Karol Józef Wojty?a Paus Yohanes Paulus II diangkat pada usia 58 tahun pada tahun 1978,  diangkat menjadi  Paus, Uskup Roma, dan kepala Gereja Katolik Roma sejak 16 Oktober1978 hingga kematiannya pada 2 april 2005. Dia juga pemimpin dari Negara Kota Vatikan, negara berdaulat dengan luas terkecil di dunia. Dia memerangi komunisme, kapitalisme yang tak terkendali dan penindasan politik. Dia dengan tegas melawan aborsi dan membela pendekatan Gereja Katolik Roma yang lebih tradisional terhadap seksualitas manusia. Dia telah melakukan lawatan 129 negara selama menjadi Paus dan menjadi pemimpin dunia yang paling banyak melawat dalam sejarah. Pada tahun 1989, ia mengunjungi Indonesia.  

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00