• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Hari Ini Dalam Sejarah

Hari Ini Dalam Sejarah

12 October
14:12 2017
0 Votes (0)

VOI HDS 12 Oktober 1968 Yaitu Republik Guinea Khatulistiwa Merdeka Dari Spanyol.

Republik Guinea Khatulistiwa ialah satu-satunya negara di Afrika yang berbahasa Spanyol yang sebagian besar wilayahnya masih diselimuti hutan belantara. Terletak di Teluk Guinea, pantai barat Afrika, dengan negara tetangga, Gabon di selatan dan timur serta Kamerun di utara. Guinea Khatulistiwa termasuk negara mini di Afrika, wilayahnya masih lebih kecil dari kabupaten Kampar di Riau. Republik Guinea Khatulistiwa merdeka dari Spanyol pada 12 Oktober 1968. Bahasa resmi negara ini adalah Spanyol, Perancis dan Portugis.

12 Oktober 1999 Pervez Musharraf Kembali Berkuasa Di Pakistan Melalui Sebuah Kudeta Tak Berdarah.

Pervez Musharraf lahir di Delhi, India, 11 Agustus 1943; adalah mantan Presiden, Perdana Menteri, dan Kepala Staf Militer Pakistan. Ia meraih kekuasaan pada 12 Oktober 1999 setelah sebuah kudeta dan menjadi Presiden pada 20 Juni 2001. Dalam jajak pendapat 100 Tokoh Majalah Time 2006 mengenai "The People Who Shape Our World", ia merupakan salah seorang tokoh berkuasa di urutan nomor empat. Ia tetap menjadi presiden Pakistan hingga ia mengundurkan diri pada 18 Agustus 2008 di tengah ancaman pemakzulan dari pemerintah koalisi pimpinan Asif Ali Zardari, suami mendiang mantan Perdana Menteri Benazir Bhutto. Pada 14 Juni 2013, ia ditahan atas kecurigaan pembunuhan di Quetta. Selain itu ia juga diduga terlibat dalam dua kasus lain yaitu: konspirasi pembunuhan mantan perdana menteri Benazir Bhutto dan pemecatan para hakim tahun 2007.

12 Oktober 2002 Terjadi Ledakan Bom Bali.

Bom Bali 2002 (disebut juga Bom Bali I)adalah rangkaian tiga peristiwa pengeboman yang terjadi pada malam hari tanggal 12 Oktober 2002. Dua ledakan pertama terjadi di Paddy's Pub dan Sari Club (SC) di Jalan Legian,Kuta, Bali,sedangkan ledakan terakhir terjadi di dekat Kantor Konsulat Amerika Serikat, walaupun jaraknya cukup berjauhan. Tercatat 202 korban jiwa dan 209 orang luka-luka atau cedera, kebanyakan korban merupakan wisatawan asing yang sedang berkunjung ke lokasi yang merupakan tempat wisata tersebut. Peristiwa ini dianggap sebagai peristiwa terorisme terparah dalam sejarah Indonesia.Tim Investigasi Gabungan Polri dan kepolisian luar negeri yang telah dibentuk untuk menangani kasus ini menyimpulkan, bom yang digunakan berjenis TNTseberat 1 kg dan di depan Sari Club, merupakan bom RDX berbobot antara 50-150 kg. Peristiwa Bom Bali I ini juga diangkat menjadi film layar lebar dengan judul Long Road to Heaven, dengan pemain antara lain Surya Saputra sebagaiHambali dan Alex Komang, serta melibatkan pemeran dari Australia dan Indonesia.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00