• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Komentar Voice Of Indonesia

HUBUNGAN AS-TURKI MEMANAS LAGI

11 October
13:19 2017
0 Votes (0)

VOI KOMENTAR Setelah sempat mereda beberapa saat, hubungan Turki dengan Amerika Serikat memanas lagi. Kali ini penyebabnya adalah penahanan seorang warga Turki yang bekerja sebagai staf lokal di Konsulat Amerika Serikat di Istanbul. Pihak pemerintah di Ankara menahan staf tersebut pada hari Rabu pekan lalu ( 4/10 ) dengan dugaan terlibat jaringan terorisme. 

Terkait penahanan itu, pihak Kedutaan Amerika Serikat di Ankara, meski dengan bahasa yang tidak terlalu gamblang, menyampaikan bahwa Pemerintah AS melakukan penilaian kembali atas komitmen Turki terhadap keamanan layanan dan personil misi diplomatik  AS di Turki. Kedutaan Amerika Serikat menangguhkan semua layanan visa non-imigran di seluruh misi diplomatik Amerika di Turki. Duta Besar AS di Turki, John Bass mengecam penahanan tersebut yang dianggapnya lebih sebagai bentuk tindakan pembalasan dan  bukan penegakan hukum.

Sebagai respon atas sikap Amerika Serikat tersebut. Pemerintah Turki juga  menangguhkan semua layanan visa untuk warga AS. Penangguhan itu berlaku juga bagi visa online dan visa di perbatasan.

Tuduhan yang dijatuhkan pemerintah Turki kepada staf local kedutaan AS tersebut adalah keterlibatannya dalam kudeta Juli 2016. Hal ini   terkait  percakapan telpon yang dilakukannya  saat malam menjelang kudeta Juli 2016 dengan  Fetullah Gulen, seorang ulama yang dituding sebagai dalang percobaan kudeta tersebut.

Diharapkan, sikap  saling membekukan layanan konsuler ini tidak  berlanjut dengan tindakan lain, dan hubungan kedua negara anggota Pakta Pertahanan Atlantik Utara NATO ini membaik. Apa lagi kedua negara masih berkepentingan dalam  memerangi teror ISIS di Suriah dan kawasan Timur Tengah.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00