• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Pesona Indonesia

Air Terjun Cunca Rami

11 October
12:22 2017
0 Votes (0)

VOI PESONA INDONESIA Nusa Tenggara Timur sudah terkenal dengan sebuah provinsi yang menjadi habitat spesies kadal terbesar di dunia yaitu Komodo. Namun, ternyata tidak hanya itu saja, provinsi ini juga memiliki hal menarik lainnya untuk dikunjungi yaitu destinasi wisata alam. Salah satunya adalah tempat wisata yang berada di Kabupaten Manggarai, Pulau Flores yaitu Air Terjun Cunca Rami.

Air Terjun Cunca Rami dinamakan dari bahasa masyarakat setempat. Cunca berarti air terjun sendangkan Rami berarti hutan yang ditumbuhi tumbuh-tumbuhan. Jadi, bisa diartikan Cunca Rami adalah air terjun yang dikelilingi hutan rindang dan pepohonan asri di sekelilingnya. Air terjun yang berada di kawasan hutan Mbeliling ini memiliki ketinggian sekitar 30 meter dengan 3 tingkatan. Di bawah terjunan air terdapat kolam alami yang cukup besar. Kolam ini berdiameter sekitar 5 hingga 7 meter dengan kedalaman sekitar 12 meter. Biasanya pengunjung menjadikan kolam ini sebagai tempat untuk berenang atau bermain air.

Air Terjun Cunca Rami berada di dalam Hutan Mbeliling. Untu bisa menuju ke air terjun ini pengunjung harus berkendara menuju Desa Cunca Lolos yang memakan waktu sekitar 1 jam. Kemudian perjalanan akan dilanjutkan dengan trekking selama kurang lebih 1 jam. Perjalanan yang cukup panjang ini memang membutuhkan banyak energi. Namun tak akan terasa, sebab pengunjung akan disambut dengan pemandangan alam yang indah selama perjalanan seperti pemandangan pohon kemiri yang menghampar luas dan perkebunan dari penduduk lokal. Tak lama setelah melewati pemandangan tersebut, akan terlihat sebuah sungai yang jernih. Jika sungai tersebut sudah terlihat, berarti Air Terjun Cunca Rami sudah dekat.

Air Terjun Cunca Rami belum dikelola oleh pemerintah. Jadi destinasi wisata ini belum memiliki fasilitas untuk para pengunjung. Oleh karena itu, jangan lupa untuk membawa makanan dan minuman sendiri dan membawa kembali sampah dari barang bawaan anda. Saat ini, pengunjung Air Terjun Cunca Rami terbilang masih sedikit. Namun, melihat potensi dari destinasi wisata ini dan seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih, tidak menutup kemungkinan tempat ini akan menjadi tempat berlibur favorit.

demikian edisi Pesona Indonesia kali ini dengan topik Air Terjun Cunca Rami. Besok, kita akan berjumpa kembali pada edisi pesona Indonesia berikutnya dengan topik-topik menarik lainnya.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00