• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Komentar Voice Of Indonesia

Bahasa Indonesia Menuju Bahasa Internasional

10 October
13:25 2017
0 Votes (0)

KOMENTAR VOI : Bulan Oktober bagi bangsa Indonesia selain dikenal sebagai bulan Kesaktian Pancasila, juga dikenal sebagai bulan bahasa. Penentuan bulan bahasa di Oktober merujuk kepada Sumpah Pemuda 1928, yang salah satunya menyebutkan Bahasa Indonesia sebagai Bahasa Persatuan. Bagi bangsa Indonsa, dengan jumlah penduduk lebih dari 250 juta orang, memiliki satu bahasa persatuan  yang dimengerti semua orang sangatlah penting.  Banyak negara lain yang terkesan dengan hal ini, karena tidak semua negara, terutama yang terdiri dari berbagai suku bangsa dan bahasa daerah, memiliki satu bahasa yang dipahami semua warganya.   Bangsa lain pun menjadi lebih mudah untuk berhubungan  lebih dekat dengan Indonesia. Baik berkaitan dengan  segi social budaya, politik maupun ekonomi.

Fakta bahwa  bahasa Indonesia digunakan oleh lebih dari 250 juta penutur menimbulkan wacana untuk menjadikan bahasa Indonesia sebagai salah satu bahasa internasional.  Terkait hal ini, Kepala Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Dadang Sunendar mengatakan saat ini  bahasa Indonesia telah diajarkan di lebih dari  45 negara dunia oleh sekitar  250 lembaga, baik yang berafiliasi ke Pemerintah maupun swasta. Sedangkan untuk melengkapi sebagai bahasa modern, bahasa Indonesia kini telah dilengkapi dengan Kamus Besar Bahasa Indonesia, tata bahasa dan alat uji kemahiran berbahasa Indonesia. Alat uji ini sudah dibakukan dan menjadi standar untuk warga negara asing untuk belajar bahasa Indonesia, seperti layaknya TOEFL dan IELT dalam bahasa Inggris.   

Sementara itu, Prof. Berthold Damhauser, pengajar Bahasa dan Sastra Indonesia di Universitas Bonn mengatakan,  ada berbagai syarat untuk menjadi  sebuah bahasa internasional. Antara lain, bahasa tersebut  harus digunakan dalam diplomasi dan perdagangan Internasional, berperan dalam penyebaran ilmu pengetahuan, kesederhanaan sistem bunyi dan gramatikalnya sehingga mudah dipelajari, tinggi budi dan peradabannya, dan pemiliknya harus memiliki rasa percaya diri serta peduli terhadap bahasanya sendiri.

Sejak berabad-abad yang lalu, secara geographis Indonesia memang telah dikenal sangat strategis dan potensial. Untuk memperkuat nama Indonesia, mampu atau bisa tidak nya Bahasa Indonesia menjadi bahasa Internasional tergantung pada  peran pemerintah. Misalnya  dengan aktif menyuarakan bahasa Indonesia sebagai bahasa yang wajib diperkenalkan oleh setiap pejabat ketika berpidato di forum internasional dan juga oleh warga lain  dalam berbagai pertemuan dengan pihak asing.  

Selain itu, kerjasama dengan Media, seperti televisi dan radio, dalam penyebaran pemakaian bahasa Indonesia yang baik dan benar sangat penting.  Ini agar bahasa Indonesia semakin dicintai oleh seluruh penduduk Indonesia dan para penutur bahasa Indonesia.  Dengan  kemampuan  berbahasa Indonesia, setiap penutur mampu berkomunikasi dengan lebih dari 300 etnis atau suku dan   lebih dari 250 dialek di Indonesia. Selain itu, juga berkomunikasi dengan lebih dari 300 juta orang  yang tersebar di berbagai  negara anggota ASEAN, seperti Malaysia, Singapura, Brunei, Thailand, sebagian Philipina serta beberapa kota di Australia.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00