• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Pesona Indonesia

Pulau Sewangi

9 October
14:50 2017
0 Votes (0)

VOI PESONA INDONESIA Berkunjung ke Kalimantan Selatan, mengunjungi Pasar Terapung yang sudah menjadi ikon wisata provinsi tersebut merupakan keharusan. Disana anda akan menemukan banyak pedagang yang menggunakan jukung sebagai alat transportasi mereka.

Jukung merupakan perahu tradisional Suku Banjar, salah satu suku asli penduduk Kalimantan Selatan. Selain sebagai sarana perhubungan dan perdagangan, Jukung juga digunakan sebaga perlengkapan untuk mencari ikan di sungai atau di rawa-rawa.

Pulau Sewangi, tepatnya di kabupaten Tanah Bumbu merupakan tempat pembuatan Jukung. Dari Batulicin, ibukota Kabupaten Tanah Bambu, Pulau Sewangi berjarak sekitar 20 kilometer. Luas pulau tersebut sekitar 4.500 meter persegi dengan panjang sekitar 15 kilometer. Pengunjung dapat mengelilingi pulau tersebut dengan naik perahu motor selama lebih kurang satu jam, sambil menyaksikan keindahan pulau Sewangi yang masih asri.

Perahu dari Pulau Sewangi sudah terkenal sejak lama di sebagian wilayah Kalimantan. Meskipun pulaunya kecil, namun perahunya memiliki bahan baku yang unggul, yakni kayu ulin, kayu cangel, dan kayu mada hirang. Warga pulau Sewangi rata-rata berprofesi sebagai pembuat perahu kualitas tinggi.

Untuk membuat Jukung, tidak sedikit waktu yang dibutuhkan. Satu buah Jukung bisa saja memakan waktu sekitar dua minggu, lamanya waktu pembuatan itu tergantung bahan, ukuran, dan model seperti apa yang diinginkan oleh pemesan Jukung. Soal harga jual Jukung, juga bervariasi mulai dari 3 juta rupiah hingga 8 juta rupiah.

pada sekitar abad 6 dan 7 sesudah Masehi, pembuatan jukung semakin berkembang di wilayah pulau Sewangi. Pulau ini pun  menjadi penghasil jukung utama di Kalimantan selatan. Kini, berdasarkan data yang ada, pulau Sewangi merupakan kawasan pengrajin Jukung yang terbesar di Indonesia.

Profesi membuat jukung ini telah digeluti  oleh penduduk Pulau Sewangi  secara turun temurun. Bahan baku pembuatan perahu juga tersedia di pulau itu. Ditambah lagi posisi Pulau Sewangi sendiri juga strategis untuk dijadikan galangan kapal.

Semua faktor pendukung ini,  membuat pulau Sewangi sebagai pemasok jukung untuk wilayah Indonesia lainnya. Tak hanya melihat jukung dibuat, namun pengunjung juga dapat berwisata naik jukung yang berlayar bersama sang pengrajin jukung. Ongkos berlayar dengan Jukung, bisa anda sepakati dengan pengrajinnya.demikian Pesona Indonesia edisi kali ini tentang Pulau Sewangi dari Kalimantan Selatan. Kita akan berjumpa kembali esok dengan topik-topik menarik lainnya.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00