• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Hari Ini Dalam Sejarah

Hari Ini Dalam Sejarah

9 October
13:15 2017
0 Votes (0)

HDS VOI : 9 Oktober 1943  Hendrik Antoon Lorentz Penghargaan Nobel Dalam Fisika

Pieter Zeeman adalah seorang  fisikawan Belanda yang menerima Penghargaan Nobel dalam Fisika pada 1902 dengan Hendrik Antoon Lorentz atas penemuan efek Zeeman. Pieter Zeeman meninggal  pada 9 Oktober 1943. Pada tahun 1896, ia menemukan apa yang sekarang disebut efek Zeeman yakni pemisahan jalur spektral oleh medan magnet. Teori fenomena ini dikembangkan bersama dengan Hendrik A. Lorentz, yang kemudian keduanya mendapat Hadiah Nobel dalam Fisika pada tahun 1902. Melalui efek Zeeman, astronom mengukur kekuatan medan magnet pada permukaan bintang. 

09 Oktober 1962  Uganda Memperoleh Kemerdekaan Dari Inggris.

Republik Uganda adalah sebuah  Negara di Afrika Timur. Giovani Miani seorang penjelajah dari Italia adalah orang Eropa pertama yang menemukan Uganda pada tahun 1860. Pada mulanya Uganda dikuasai oleh beberapa suku-suku besar yang berprofesi sebagai pemburu. Suku terbesar adalah suku Baganda atau Buganda. Suku ini berhasil mendirikan sebuah kerajaan yang dipimpin oleh Kimera. Pada abad ke-19, Uganda dikuasai oleh Inggris dan Mesir. Ketika itu Uganda menjadi salah satu provinsi Mesir bernama Equatoria. Penguasaan Equatoria oleh Mesir berakhir pada pemerintahan Emin Pasha pada tahun 1889  dan beralih ke tangan Inggris pada tahun 1890. Perjuangan untuk memperoleh kemerdekaan dari Inggris dimulai pada tahun 1945-1949, yaitu ketika ada kerusuhan kaum proletar di Buganda. Pada 1953, Raja Mutesa II diasingkan ke Inggris dan dikembalikan ke Uganda pada tahun 1955. Akhirnya pada 9 Oktober 1962, Uganda memperoleh kemerdekaan dari Inggris.

9 Oktober: Hari Surat Menyurat Internasional.

Hari surat-menyurat Internasional atau biasa disebut World Post Day diperingati setiap tanggal 9 Oktober. Ide ini muncul pertama kali pada kongres Serikat Pos Dunia atau Universal Postal Union  di Ottawa, Kanada tahun 1957. Tanggal 9 Oktober dipilih karena tanggal 9 Oktober 1874 merupakan tanggal pendirian Serikat Pos Dunia , dan kini sudah lebih dari 180 unit pos negara tergabung dalam serikat ini. Jasa pelayanan Pos di dunia usianya sudah cukup tua dan perjalanan Pos Indonesia juga sudah cukup panjang. Dimulai ketika Indonesia masih dijajah Belanda yakni Perposan di Indonesia sejak 1602 pada waktu itu zaman V.O.C . Seiring dengan perkembangan zaman waktu itu yakni tahun 1809 dimana dibangun jalan Raya Pos oleh Gubernur Jenderal Daendels yang membentang sepanjang 1000 kilometer dari Anyer ke Panarukan. Adanya jalan raya pos ini membawa perubahan yang hebat dalam dunia perposan waktu itu. Hal ini karena waktu tempuh dari Jawa Barat ke Jawa Timur yang sebelumnya memakan waktu 40 hari dapat diperpendek menjadi 6 hari. Luar biasa sehingga perjalanan surat pos waktu itu di Indonesia berkembang pesat. Ketika Indonesia merdeka maka perposan diambil alih bangsa Indonesia maka pos Indonesia memulai aksinya sejak 27 September 1945, ketika itu sekelompok angkatan muda merebut gedung pusat Post, Telegraph dan Telephone-PTT di Bandung dari kekuasaan Jepang. Ketika gedung pusat PTT dapat direbut dan dikuasai dari Jepang maka Indonesia berdaulat mengelola pelayanan pos. Peristiwa perebutan gedung pusat PTT  pada 27 September 1945 dinamakan dengan "Hari Bhakti Postel".

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00