• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Komentar Voice Of Indonesia

JELANG PILPRES 2019

9 October
13:12 2017
0 Votes (0)

VOI KOMENTAR Pemilihan Presiden RI 2019 memang masih setahun lagi. Namun kesibukan jelang Pemilu  sudah dimulai, setidaknya di kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI. Sejak Selasa (3/10/2017) hingga Senin (16/10/2017), KPU membuka pendaftaran partai politik peserta pemilu. Inilah tahapan pertama dari 11 tahapan pelaksanaan Pemilu 2019 sebagaimana diatur Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum.  Sebanyak 30 dari 73 partai politik yang terdaftar di Kementerian Hukum dan HAM telah mengisi data partainya pada Sistem Informasi Partai Politik (Sipol) KPU RI. Ke-30 partai ini terdiri dari partai politik (parpol) nasional dan 7 partai lokal di Aceh.


Selain di Komisi Pemilihan Umum (KPU), kesibukan lain jelang Pilpres 2019 juga terlihat di beberapa lembaga survey yang melakukan jejak pendapat  terhadap elektabilitas bakal calon Presiden dan Wakil Presiden.
Seperti survey yang dilakukan Kelompok Diskusi dan Kajian Opini Publik Indonesia (KedaiKOPI) pada 8 hingga 27 September 2017, misalnya.  Kajian  tersebut  menunjukkan sebanyak 49,9 persen responden mengakui faktor calon wakil presiden (cawapres) mempengaruhi mereka dalam memilih calon Presiden. Sementara 48,4 persen menjawab tidak mempengaruhi dan sisanya tidak menjawab.


Selain sosok cawapres, lembaga survey juga menanyakan tentang pilihan Presiden bila pemilu dilakukan di hari saat pertanyaan diajukan. Jejak pendapat    yang dilakukan Saiful Mujani Research & Consulting (SMRC) menunjukkan Jokowi unggul dengan 38,9 persen disusul Prabowo Subianto 12,0 persen, dan Susilo Bambang Yudhoyono 1,6 persen. Nama lainnya masih dibawah 1 persen.


Hasil survey memang belum tentu menunjukkan yang sebenarnya  pada Pemilihan Presiden yang akan datang. Namun setidaknya bisa dijadikan acuan, terutama bagi partai politik yang akan bersaing di Pemilu Presiden 2019 yang akan datang,  untuk melakukan konsolidasi internal.

Yang terpenting jelang Pilpres 2019 adalah, masing-masing calon presiden dan calon wakil presiden beserta partai politik yang mendukungnya dapat bermain dengan jujur dan elegan dalam Pemilu. Yang dibutuhkan negara dan rakyat Indonesia adalah calon pemimpin yang jujur dan adil serta bisa mewakili semua golongan. Semoga Pilpres 2019 dapat berjalan dengan lancar dan Indonesia mendapat pemimpin yang bisa membawa Indonesia ke arah yang lebih baik lagi Sekian Komentar.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00