• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Fokus

Indonesia Swedia Kerja Sama Bidang Riset dan Pendidikan Tinggi

7 October
14:24 2017
0 Votes (0)

VOI FOKUS Pemerintah Indonesia dan Swedia meningkatkan kerja sama  di bidang riset, teknologi, dan pendidikan tinggi. Hal ini diperkuat dengan penandatanganan nota kesepahaman antara kedua negara. Penandatanganan Nota Kesepahaman  dilakukan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia, Mohamad Nasir dengan Menteri Pendidikan Tinggi dan Riset Kerajaan Swedia Helene Hellmark Knutsson di Jakarta Rabu (4/10). Menteri Nasir kepada media mengatakan melalui kerja sama ini, kementeriannya dan Kementerian Pendidikan dan Riset Kerajaan Swedia akan memperkuat hubungan persahabatan. Kedua negara memahami kepentingan bersama untuk mempromosikan dan mendorong kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Menurut menteri Nasir, kerja sama ini akan memberikan kontribusi terhadap perkembangan riset, teknologi dan pendidikan tinggi, pertumbuhan ekonomi nasional, pembangunan berkelanjutan, dan pembangunan sosial kedua negara.

Menteri Nasir  mengatakan, kesepakatan dengan Swedia sebagai bentuk tindak lanjut dari kunjungan kenegaraan Raja Swedia Carl XVI Gustaf dan Ratu Sylvia pada 21-25 Mei 2017 lalu. Menurutnya, kerja sama dalam bidang riset dengan Swedia ini sangat baik dan sangat mendukung program yang berjalan di semua perguruan tinggi Indonesia. Ia telah melihat di Swedia ada banyak kampus yang masuk 500 besar dunia. Sehingga penting untuk menjajaki kolaborasi dan kooperasi bersama untuk meningkatkan mutu perguruan tinggi nasional. Sementara Indonesia baru menempatkan tiga perguruan tingginya dalam peringkat 500 besar dunia, yaitu Universitas Indonesia (277), Institut Teknologi Bandung (331) dan Universitas Gadjah Mada (401).

Menteri Nasir menyatakan, bagi Swedia, kerja sama ini sebagai bentuk uji coba penerapan beragam teknologi hasil karya negara tersebut sebelum diserap industri di Eropa. Bagi Indonesia, implementasi tersebut sebagai wadah pembelajaran dalam mengikuti kemajuan teknologi dunia.

Bentuk kerja sama yang disepakati dalam  nota kesepahaman ini antara lain riset ilmiah serta program dan proyek inovatif; kolaborasi antara institusi pendidikan tinggi berkenaan dengan mobilitas mahasiswa; peningkatan kapasitas kerja sama dosen, peneliti, spesialis dan ahli; konferensi ilmiah, seminar, dan simposium. Juga pameran Ilmu pengetahuan dan teknologi; pengembangan dan penilaian kurikulum, serta kualifikasi; pertukaran informasi untuk memfasilitasi pengakuan akademis terhadap gelar dan sertifikat yang diberikan oleh institusi pendidikan. Kedua negara sepakati juga kolaborasi antara organisasi riset, teknologi, dan pendidikan tinggi dalam penelitian dasar, terapan, serta industri termasuk model riset, pengembangan maupun inovasi baru; dan bentuk kerja sama lainnya yang akan diputuskan oleh kedua negara.

Indonesia dan Swedia juga berencanna menerapkan teknologi pada industri pesawat terbang. Selain antarpemerintah, kerja sama industri pesawat tersebut juga melibatkan akademisi dan praktisi industri.

Menteri Knutsson didampingi oleh delegasi Rektor dari 6 universitas Swedia yg berada pada ranking universitas terbaik dunia, yaitu Royal Institute of Technology (KTH), Linköping University, Karolinska Institutet, Lund University, University of Gävle dan Stockholm School of Economics. Turut hadir Dubes Swedia untuk Indonesia dan Dubes RI untuk Swedia.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00