• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Komentar Voice Of Indonesia

Bersama Rakyat TNI Kuat

5 October
12:44 2017
0 Votes (0)

KOMENTAR VOI : Tema  peringatan  Hari TNI ke 72 tahun ini adalah, Bersama Rakyat TNI Kuat, Hebat, Profesional  dan Siap Mewujudkan Indonesia Yang Berdaulat, Mandiri dan Berkepribadian. Tema ini  diusung sebagai  bentuk ucapan terima kasih dan penghargaan TNI kepada masyarakat, yang telah mendukung tugas-tugasnya. Makna yang terkandung dalam tema tersebut adalah kesadaran TNI yang berasal dari rakyat. Berbuat dan bertindak bersama rakyat menjadi modal utama TNI, dalam mengawal dan mengamankan kepentingan nasional,  menuju cita-cita bangsa. 

Dalam rangkaian kegiatan memperingati Hari TNI ke 72 tahun ini, TNI  menghadirkan 1.000 siswa/i berprestasi dari seluruh wilayah tanah air, khususnya pulau-pulau terluar dan daerah perbatasan.  Kegiatan lain adalah melaksanakan ziarah ke makam  mantan Presiden RI dan Panglima Besar Jenderal Sudirman. Selain itu juga ada nonton bareng Prajurit TNI bersama masyarakat, menyaksikan  film “Merah Putih Memanggil”. Film ini  diputar secara serentak di bioskop-bioskop seluruh Indonesia, pada tanggal 5 Oktober 2017 ini.

Dalam rangkaian Peringatan Hari TNI ke-72 tahun 2017, Panitia  baik di Pusat maupun  Daerah  menyelenggarakan berbagai kegiatan yang lebih memasyarakat. Seperti misalnya,   Bakti Sosial Kesehatan yang diantaranya berupa Pengobatan Umum, Operasi Katarak, Pelayanan Gigi, Donor Darah,  Pemberian kursi Roda bagi yang membutuhkan, Bazar dan pembagian sembako. Di samping itu diselenggarakan pula  Lomba Foto dan Karya Tulis Jurnalistik, Festival Film Nasional, Lomba Dayung dan Renang 1.000 meter serta beberapa kegiatan lainnya.

Hari ini tepat tanggal 5 Oktober,  puncak acara peringatan digelar di Pelabuhan Indah Kiat, Cilegon, Banten. Tempat  ini dipilih karena lokasinya yang tidak jauh dari Jakarta  dan juga mencakup laut, pulau serta bukit-bukit.  Merupakan  tempat yang cukup ideal untuk   pelaksanaan upacara, penempatan Alutsista TNI, Daerah Persiapan dan Sasaran Demonstrasi, akomodasi serta menampung pengunjung dari masyarakat. Tahun   ini ada 18 ribu prajurit yang berpartisipasi, jumlah yang  lebih besar dibanding peringatan tahun 2015 yang hanya 13 ribu prajurit. Pada kesempatan kali ini diperlihatkan juga demonstrasi latihan gabungan TNI dan kemampuan keterampilan prajurit TNI. Selain itu  ada juga demonstrasi Pencak Silat yang diperagakan oleh 1.800 prajurit gabungan dari TNI AD, TNI AL dan TNI AU dan Wan TNI. Mereka menampilkan pencak silat gabungan berbagai jenis aliran  yang ada di Indonesia.

Alutsista yang  dipamerkan  antara lain,  Tank Leopard, Helikopter Apache, KRI Kelas Sigma, Kapal Selam KRI Nagapasa dan jet tempur Sukhoi, kesemuanya   dapat dilihat  warga dari dekat.  Memiliki Alutsista yang modern dan canggih sangatlah perlu, namun lebih penting  bila rakyat ikut bersama-sama TNI menjaga negeri ini di berbagai sektor,  karena  pastinya akan membuat Indonesia semakin kuat dan berjaya. Selamat Hari TNI. 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00