• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Hari Ini Dalam Sejarah

Hari Ini Dalam Sejarah

30 September
12:11 2017
0 Votes (0)

VOI HDS Gerakan 30 September atau yang sering disebut G 30 S PKI,  adalah sebuah peristiwa yang terjadi di malam hari tanggal 30 September 1965. Pada malam itu enam perwira tinggi militer Indonesia beserta beberapa orang lainnya dibunuh dalam suatu usaha percobaan kudeta yang kemudian dituduhkan kepada anggota Partai Komunis Indonesia. Dalam aksi ini, Panglima tertinggi militer Indonesia, Jenderal Abdul Haris Nasution, lolos dari pembunuhan, namun ajudannya, Kapten Pierre Tendean, dan puteri bungsunya, Ade Irma Suryani, menjadi korban. Setelah peristiwa ini, Orde Lama dan kepemimpinan Presiden Soekarno jatuh, dan muncullah Orde Baru di bawah pimpinan Soeharto.

Kita beralih ke peristiwa pada tanggal 30 September 1991, Presiden Haiti Jean-Bertrand Aristide dikudeta.
Jean-Bertrand Aristide adalah seorang politikus Haiti dan pemimpin Haiti yang terpilih secara demokratis dan populer di antara rakyat Haiti yang miskin. Para kritik mengatakan, ia memerintah sebagai seorang diktator dan korup sehingga digulingkan oleh sebuah kudeta militer pada 1991 dan tersingkir pada 2004 ketika sejumlah bekas tentara melakukan pemberontakan pada Februari 2004. Penyingkirannya yang ke dua menimbulkan kontroversi, karena Aristide mengaku ia dipaksa meninggalkan negaranya di bawah tekanan Amerika Serikat dan diculik serta disingkirkan ke sebuah negara di Afrika. Sebaliknya, Amerika Serikat menolak pernyataan itu dan mengatakan bahwa Aristide meninggalkan negaranya dengan sukarela.

Kita akhiri Hari Ini Dalam Sejarah dengan peristiwa gempa bumi  mengguncang Sumatra Barat.

Gempa  dengan kekuatan 7,6 Skala Richter yang berpusat di lepas pantai Sumatra Barat atau 50 Kilometer barat laut kota Padang pada tanggal 30 September 2009 pukul 17:16:10 Waktu Indonesia Barat, telah mengguncang provinsi Sumatra Barat dan sekitarnya. Gempa bumi tersebut   mengakibatkan sedikitnya 1.100 orang meninggal dan 2.180 orang luka-luka. Selain itu  juga menyebabkan kerusakan parah di beberapa wilayah di Sumatra Barat, seperti Kabupaten Padang Pariaman, Kota Padang, Kabupaten Pesisir Selatan, Kota Pariaman, Kota Bukittinggi, Kota Padangpanjang, Kabupaten Agam, Kota Solok, dan Kabupaten Pasaman Barat. Saudara, sekian hari ni dalam sejarah dari Suara Indonesia di Jakarta.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00