• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Hari Ini Dalam Sejarah

Hari Ini Dalam Sejarah

29 September
13:45 2017
0 Votes (0)

HDS VOI : 29 September 1955 Pemilihan Umum Legislatif Indonesia Pertama.

Pemilihan Umum Indonesia 1955 adalah pemilihan umum pertama di Indonesia dan diadakan pada tahun 1955. Pemilu ini sering dikatakan sebagai pemilu Indonesia yang paling demokratis. Pemilu tahun 1955 ini dilaksanakan saat keamanan negara masih kurang kondusif; beberapa daerah dirundung kekacauan oleh DI/TII (Darul Islam/Tentara Islam Indonesia) khususnya pimpinan Kartosuwiryo. Dalam keadaan seperti ini, anggota angkatan bersenjata dan polisi juga memilih. Mereka yang bertugas di daerah rawan digilir datang ke tempat pemilihan. Pemilu akhirnya pun berlangsung aman. Pemilu ini bertujuan untuk memilih anggota-anggota DPR dan Konstituante. Jumlah kursi DPR yang diperebutkan berjumlah 260, sedangkan kursi Konstituante berjumlah 520 (dua kali lipat kursi DPR) ditambah 14 wakil golongan minoritas yang diangkat pemerintah.Pemilu ini dipersiapkan di bawah pemerintahan Perdana Menteri Ali Sastroamidjojo. Namun, Ali Sastroamidjojo mengundurkan diri dan pada saat pemungutan suara, kepala pemerintahan kemudian dipegang oleh Perdana Menteri Burhanuddin Harahap. Sesuai tujuannya, Pemilu 1955 ini dibagi menjadi dua tahap, yaitu: Tahap pertama adalah Pemilu untuk memilih anggota DPR. Tahap ini diselenggarakan pada tanggal 29 September 1955, dan diikuti oleh 29 partai politik dan individu, Tahap kedua adalah Pemilu untuk memilih anggota Konstituante. Tahap ini diselenggarakan pada tanggal 15 Desember 1955.

29 September  2001 Nguyen Van Thieu, Presiden Vietnam Selatan meninggal.

Nguyen Vi Thieu  adalah Presiden Vietnam Selatan dari  tahun 1965 hinggga 1975. Dia adalah seorang jenderal di Angkatan Darat Republik Vietnam (ARVN), menjadi kepala junta militer, dan kemudian presiden setelah memenangkan pemilu. Ia mendirikan pemerintahan Vietnam Selatan sampai ia mengundurkan diri dan meninggalkan negara itu beberapa hari sebelum jatuhnya Saigon.Lahir di Phan Rang, Thieu adalah keturunan dari Tran Dinh dinasti Annam. Thieu awalnya bergabung dengan komunis yang didominasi Vi?t Minh H? Chí Minh tetapi berhenti setelah satu tahun dan bergabung dengan Tentara Nasional Vietnam (VNA) dari Negara Perancis yang didukung oleh Vietnam. Secara bertahap jabatannya naik menanjak dan, pada tahun 1954, memimpin batalion dalam mengusir komunis dari desa asalnya. Setelah penarikan Perancis, VNA menjadi ARVN dan Thieu menjadi kepala dari Akademi Militer Nasional Vietnam selama empat tahun sebelum menjadi komandan divisi dan kolonel Pada bulan November 1960, ia membantu meletakkan upaya kudeta terhadap Presiden Ngo ?ình Diem. Selama masa-masa ini, ia juga dikonversi ke Katolik Roma dan bergabung dengan partai rezim Lao rahasia; Diem dianggap memberikan perlakuan istimewa kepada rekan-agamawan dan Thieu dituduh sebagai salah satu dari banyak orang yang dikonversi agamanya demi kemajuan politik, meskipun ia mengaku telah dibaptis karena istrinya adalah seorang Katolik Roma.

29 September Hari Sarjana Indonesia.

Hari Sarjana Nasional  diperingati setiap tanggal 29 September. Hari Sarjana Nasional  bertujuan untuk mengapresiasi para sarjana yang telah berhasil mencapai strata intelektualitas. Para sarjana dianggap menjadi salah satu penentu kemajuan bangsa. Pasalnya, mereka merupakan aset bangsa yang diharapkan memberi sumbangsih bagi pembangunan.Peringatan Hari Sarjana Nasional menjadi momentum para sarjana untuk melakukan evaluasi.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00