• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Pesona Indonesia

Grebeg Sewu Tumpeng

26 September
11:01 2017
0 Votes (0)

VOI PESONA INDONESIA Desa Ngropoh terletak di Kecamatan Kranggan, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah. Desa Wisata ini punya potensi wisata yang cukup besar lantaran punya berbagai faktor penunjang untuk menarik minat wisatawan asing dan domestik. Antara lain budaya dan kearifan lokal masyarakat yang masih terjaga secara utuh. Kemudian keindahan panorama alam yang dimiliki, salah satunya fenomena sunrise (matahari terbit) hingga pemandangan berupa lima buah gunung yakni Merapi, Merbabu, Andong, Ungaran, dan Telomoyo yang dapat disaksikan sekaligus dari satu titik dengan ketinggian sekitar 500 meter diatas permukaan laut.

21 September lalu, masyarakat Desa Wisata Ngropoh berkumpul bersama untuk menggelar Tradisi Grebek sewu Tumpeng. Tradisi Grebek Sewu Tumpeng digelar untuk menyambut Tahun Baru Hijriah. Tradisi tersebut diikuti oleh warga dari 12 dusun di Desa Ngropoh, Kecamatan Kranggan. Dalam tradisi tersebut setiap keluarga membawa sebuah nasi tumpeng beserta lauk pauknya. Tumpeng adalah cara penyajian nasi dalam bentuk kerucut, karena itu disebut pula “nasi tumpeng”. Mereka berkumpul di Balai Desa Ngropoh kemudian berjalan kaki menuju Lapangan Gumuk Sembung.

Setelah sampai lapangan Gumuk Sembung, sejumlah tumpeng besar diletakkan di atas panggung dan disekitarnya duduk para perangkat desa, kemudian warga duduk saling berhadapan. Di depan mereka diletakkan tumpeng yang mereka bawa. Kemudian dilakukan doa bersama dipimpin oleh tokoh agama Islam setempat, setelah itu tumpeng dimakan bersama-sama. Para warga yang membawa lauk pauk masing-masing, saling bertukar lauk pauk. Sedang pengunjung yang hadir dipersilahkan untuk makan tumpeng.

dahulu setiap 1 Muharam biasanya warga setempat menggelar selamatan sendiri-sendiri, namun dalam beberapa tahun terakhir kegiatan tersebut dilakukan bersama-sama di lapangan. Melalui kegiatan ini diharapkan kebersamaan terjalin di antara warga. Kegiatan ini juga digelar untuk mendukung keberadaan Desa Ngropoh sebagai desa wisata, sekaligus mendongkrak kunjungan wisatawan ke desa wisata Ngopoh.

demikianlah edisi Pesona Indonesia kali ini, dengan topik Grebeg Sewu Tumpeng. Besok, kita akan berjumpa kembali dengan topik- topik menarik lainnya. // Dora

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00