• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Pesona Indonesia

Kepulauan Kei, Maluku

25 September
10:53 2017
0 Votes (0)

jumpa lagi dalam Pesona Indonesia, Seperti biasa Anda dapat mendengarkan program kami via streaming di voi.co.id, gelombang pendek 9525 KHz dan aplikasi RRI Play di ponsel cerdas Anda. Hari ini kami akan memperkenalkan Kepulauan Kei di Maluku. Jadi tetaplah bersama kami hanya di RRI World Service Voice of Indonesia.

Kepulauan Kei terletak di sebelah barat Kepulauan Aru, dan di timur laut Kepulauan Tanimbar. Secara administratif Kepulauan Kei masuk ke dalam provinsi Maluku. Kepulauan ini terdiri atas dua pulau utama, Kei Kecil dan Kei Besar. Keduanya berada di Kabupaten Maluku Tenggara, dengan ibu kota Langgur.

Dengan 119 pulau yang dimilikinya, Kepulauan Kei menyediakan beragam pilihan wisata, terutama anda pencinta wisata bahari. Untuk berwisata ke Kepulauan Kei, anda hanya bisa naik pesawat udara dari kota Ambon menuju Bandara Karel Sadsuitubun Langgur di Pulau Kei Kecil.

Ada berbagai objek wisata yang dapat dikunjungi di Kepulauan Kei. Seperti, Pulau Bair. Pulau Bair adalah tempat yang tak boleh dilewatkan jika berkunjung ke Tual. Orang-orang Kei menjuluki rangkaian pulau karang di utara Pulau Kei Kecil itu sebagai Raja Ampat van Kei.

Bentangan alamnya memang tak seluas Raja Ampat yang asli. Namun keindahannya tak kalah. Perahu bisa masuk hingga ke tengah pulau. Pasirnya putih dan halus. Pengunjung dapat berenang di tempat ini sepuasnya, tanpa banyak gangguan, karena memang belum banyak yang berkunjung ke sini. Keindahan bawah lautnya pun dapat dinikmati dengan snorkeling.

selanjutnya ada Pantai Ngurbloat dan Ngursarnadan. “Ngur” dalam bahasa Kei artinya pasir. Dua pantai ini letaknya bersebelahan, berjarak sekitar 18 kilometer dari Langgur, Ibu Kota Kabupaten Maluku Tenggara. Karena letaknya menghadap barat, dua pantai ini cocok menjadi tempat untuk melihat matahari terbenam.

Pantai ini membentang sejauh 3 kilometer. Itulah kenapa pantai ini juga dikenal dengan nama Pantai Pasir Panjang. Anda tak perlu takut berenang di sini, karena ombaknya sudah pecah pada jarak 100 meter dari daratan. Kalau surut, area yang dangkal akan berubah wujud menjadi padang pasir putih.

tak jauh dari Pantai Ngursarnadan, tepatnya di sebelah utara Pantai tersebut tedapat pantai yang tak kalah eksotis. Bentuknya sama, garis pantai memanjang dengan dangkalan yang luas. Letaknya di Desa Dertawun.

Daya tarik pantai ini adalah keberadaan tebing karang setinggi 5 hingga 10 meter di belakang pantai. Di titik paling ujung tebing ini, ditemukan ratusan lukisan sebesar telapak tangan yang diyakini berasal dari zaman purba.

Lukisan berwarna jingga dan merah kecokelatan itu membentuk figur manusia, matahari, pohon, perahu, buaya, ikan, sampai cap tangan. Bentuk dan polanya mirip dengan lukisan di Gua Tewet, Kalimantan Timur.

demikian Pesona Indonesia edisi kali ini tentang Kepulauan Kei dari Maluku. Kita akan berjumpa kembali esok dengan topik-topik menarik lainnya.// Ihsan  

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00