• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Pesona Indonesia

Bukit Joko Tuo, Karimunjawa, Jawa Tengah

24 September
13:42 2017
0 Votes (0)

VOI PESONA INDONESIA Karimunjawa yang terletak di provinsi Jawa Tengah memiliki tempat yang istimewa, yaitu sebuah bukit  dengan pemandangan yang indah dan luas, yang bernama Bukit Joko Tuwo.  Dari atas bukit ini anda bisa melihat alun-alun atau pusat  kota. Letak Bukit Joko Tuwo sekitar  3 Km dari pusat kota atau dapat ditempuh sekitar 15 menit perjalanan .

Nama bukit Joko Tuwo sendiri berasal dari  sebuah kerangka  ikan paus yang panjangnya lebih dari 12 meter, yang terdapat di sekitar perbukitan. Warga masyarakat Karimunjawa lebih suka menyebut  kerangka ikan paus itu dengan sebutan Joko Tuwo, sehingga bukit tersebut kemudian dinamakan Bukit Joko Tuwo. Pada waktu anda melihat kerangka ikan paus tersebut, anda akan ragu apakah kerangka ikan paus itu asli atau pahatan buatan manusia. Tetapi kerangka ikan paus itu dijamin asli,karena sudah melalui pembuktian.

Bukit Joko Tuwo yang terletak di Karimunjawa ini memiliki tracking yang landai dengan pepohonan yang rindang  dan udara yang sejuk, siap menemani anda untuk hiking di sore hari. Setelah melalui jalan yang terjal dan curam anda akan sampai di atas bukit.                        

Begitu sampai di atas bukit, anda akan terkagum-kagum kelihat  keindahan kepulauan Karimunjawa  yang mengagumkan seperti melihat pulau menjangan yang  besar dengan pohon-pohon yang rimbun, serta perahu yang lalu lalang melintasi pulau .

Dari atas bukit Joko Tuwo , selain anda bisa melihat pemandangan yang indah yang ada di sekitarnya, dari atas bukit ini anda juga bisa menikmati keindahan sunset. Sambil menunggu  sunset anda bisa berjalan-jalan di sekitar bukit, atau duduk-duduk di gezebo-gazebo yang sudah disediakan.   Untuk masuk ke Bukit Joko Tuwo  anda diharuskan untuk membayar Rp. 10.000.  Untuk sampai ke Bukit Joko Tuwo ini, anda bisa menggunakan berbagai kendaraan seperti mobil, motor atau sepeda, bahkan anda juga bisa berjalan kaki

Pada waktu anda berkesempatan  mengunjungi Kabupaten Jepara di Jawa Tengah, luangkanlah waktu  untuk mengunjungi Karimunjawa dan tentu saja Bukit Joko Tuwo. Pendengar, kita akhiri  Pesona Indonesia kali ini. Kita berjumpa lagi besok dengan acara yang sama. Inilah Suara Indonesia di Jakarta. Edn 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00