• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Warna Warni

Komputasi Hidriponik Untuk Tomat Cherry

23 September
13:38 2017
0 Votes (0)

VOI WARNA WARNI Tomat cherry merupakan salah satu bentuk varietas dari tomat yang memiliki ukuran lebih kecil dibandingkan dengan tomat pada umumnya. Tomat cherry memiliki ukuran yang kurang lebih sama seperti buah cherry. Walaupun ukurannya kecil, namun jenis  tomat ini memiliki banyak sekali kandungan yang baik bagi kesehatan seperti magnesium, kalium serta fosfor. Selain itu, tomat cherry juga mengandung lemak jenuh yang rendah, sodium yang rendah serta kolesterol yang juga rendah.

Saat ini, lahan pertanian makin menyusut tergerus oleh pembangunan pemukiman. Bagi Anda yang memiliki lahan terbatas, Anda  dapat menggunakan sistem hidroponik. Apalagi sudah ada sistem hidroponik otomatis yang menjadi metode baru dalam bertani buah tomat cherry sebagai solusi terbatasnya lahan.  

Riggy Naufan Nur Ichasan, mahasiswa Sistem Komputer di Sekolah Tinggi Manajemen Informatika & Teknik Komputer atau lebih dikenal dengan Stikom, Surabaya, yang menciptakansistem hidroponik otomatis menjelaskan, sistem hidroponik membantu petani dalam mengoptimalkan hasil panennya.

Menurut Riggy, komputerisasi pada sistem hidroponik memakai metode "fuzzy" untuk mengendalikan semua aktuator secara tepat waktu. Sistem komputerisasinya dapat melakukan pemetaan, optimasi, identifikasi serta kemampuan lainnya pada tanaman atau buah. Alat ini akan mengendalikan suhu dan kelembaban udara agar tanaman tumbuh secara optimal dalam berbagai kondisi.

Sedangkan hidroponik yang Riggy kembangkan adalah dengan metode wick atau sistem sumbu yang digunakan sebagai media penyalur nutrisi ke tanaman. Wick adalah metode hidroponik yang memanfaatkan tangki berukuran besar dengan volume larutan zat hara yang banyak, sehingga dapat menekan fluktuasi konsentrasi larutan pada zat hara.

Zat hara pada metode ini tidak memerlukan sirkulasi, akibatnya dapat mengurangi ketergantungan terhadap tersedianya energi listrik. Kesederhanaan inilah yang menjadikan teknologi yang diciptakannya mudah digunakan oleh petani.   demikian Warna Warni kali ini dengan topik “Komputasi Hidroponik Untuk Tomat Cherry”. Kita jumpa lagi pada kesempatan lain dengan topik-topik menarik lainnya. Devy


tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00