• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Berita Hari Ini

Hadapi Musim Kering, Presiden Perintahkan Langkah Penanggulangan dari Kementerian dan Kepala Daerah

13 September
13:53 2017
0 Votes (0)

VOI BERITA Meskipun musim kering di Indonesia tahun 2017 tidak separah yang dialami pada saat terjadi bencana elnino tahun 2015, namun Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika -BMKG melaporkan beberapa daerah di Indonesia tidak mengalami hujan hingga 60 hari berturut-turut. BMKG bahkan melaporkan bahwa sebagian daerah di pulau Jawa saat ini sedang mengalami puncak kemarau. Terkait hal tersebut, Presiden Joko Widodo meminta jajarannya termasuk para Kepala Daerah untuk memerhatikan kondisi kekeringan di lapangan. Dalam Rapat Terbatas Kabinet Kerja yang digelar di Kantor Presiden Jakarta, Selasa, Presiden memerintahkan semua pihak terkait untuk segera melakukan langkah antisipatif terhadap musibah kekeringan tersebut. Beberapa hal terkait langkah antisipatif tersebut, menurut Presiden, yaitu dengan memastikan adanya distribusi air bersih untuk masyarakat yang membutuhkan dan untuk irigasi pertanian, terutama di daerah-daerah yang terdampak bencana kekeringan tersebut.

Untuk itu saya minta semua menteri dan lembaga terkait serta para Gubernur untuk betul-betul melihat kondisi-kondisi yang ada di lapangan dan segera melakukan langkah-langkah penanggulangan bencana kekeringan ini. Langkah jangka pendek saya minta dipastikan untuk bantuan dropping air bersih bagi masyarakat yang kena dampak kekeringan. Dan saya minta juga dicek terkait dengan suplai air untuk irigasi pertanian yang sangat dibutuhkan terutama untuk mengairi lahan-lahan pertanian di daerah-daerah yang terdampak. 

Lebih lanjut Presiden menyampaikan, dalam 2 tahun terakhir, Pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla telah membangun bendungan dan waduk di beberapa tempat. Hal ini diharapkan dapat menjadi solusi dalam menghadapi musim kering saat ini. Selain itu Presiden juga berharap agar kementerian dan kepala daerah dapat mengantisipasi persediaan pangan di daerah terdampak kekeringan. Sehingga  stabilisasi harga dapat terjaga. Presiden juga berharap, pemerintah dapat lebih siap menghadapi musim kering saat ini agar kebakaran hutan terutama lahan gambut dapat dihindari. (Ndy)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00