• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Komentar Voice Of Indonesia

Sosialisasi Empat Pilar Bangsa Indonesia.

12 September
13:47 2017
0 Votes (0)

VOI KOMENTAR Majelis Permusyaratan Rakyat–MPR  Republik Indonesia selama ini  gencar menggelar sosialisasi Pancasila, Undang-undang Dasar 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Bhinneka Tunggal Ika.  Kegiatan sosialisasi yang digelar di berbagai kota  ini sering kali disebut dengan program Kegiatan Sosialisasi Empat Pilar. Salah satu tujuan nya adalah  untuk merespon aspirasi dari masyarakat.

Senin, 11 September 2017, Ketua MPR RI Zulkifli Hasan menyampaikan sosialisasi Empat Pilar di hadapan sekitar seribu santri di Pondok Pesantren As-Salafie di Babakan Ciwaringin, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat.  Dalam kesempatan itu, Zulkifli Hasan mengingatkan bahwa Pancasila memuat nilai-nilai luhur. Ia juga  menghimbau masyarakat  untuk tidak menggunakan Pancasila untuk saling  menghakimi dan mengkotak-kotakan bangsa.  Sebelumnya, di depan kurang lebih seratus mahasiswa Universitas Balikpapan, Zulkifli Hasan menekankan bahwa menghargai nilai-nilai kemanusiaan,  merupakan bagian dari pemahaman Pancasila. Ia juga menyampaikan bahwa  salah satu sikap peduli pada nilai-nilai kemanusiaan adalah menghentikan kekerasan.  Kegiatan sosialisasi Empat Pilar juga ditujukan  kepada berbagai kelompok dan komunitas.

Pelaksanaan sosialisasi Empat Pilar tidak boleh hanya dilihat sebagai kegiatan transfer pengetahuan mengenai Pancasila, Undang-undang Dasar 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan Bhinneka Tunggal Ika. Tapi yang terpenting adalah menanamkan pemahaman yang akan mendorong setiap warga negara Indonesia  untuk  mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam sendi-sendi   kehidupannya.  Bila setiap warga negara Indonesia memiliki pemahaman yang dalam tentang  Pancasila, maka bangsa Indonesia akan semakin sulit dipecah belahkan.

Pancasila sebagai pemersatu, memang harus lebih kuat tertanam dalam kehidupan bangsa  Indonesia. Apalagi bila belajar dari   kondisi yang terjadi di sesama negara anggota ASEAN, Myanmar.  Adanya  kepentingan politik dan ekonomi dari kelompok tertentu, dengan mudahnya menyulut konflik di sana.

Sosialisasi Empat Pilar memang harus terus dilaksanakan. Mengingat beragamanya penduduk Indonesia, baik suku, agama, ras, maupun antar-golongan, yang memiliki budaya dan tradisi berbeda. Keberagaman dan perbedaan yang ada,  justru menjadi pelengkap satu sama lain.

 Upaya sosialisasi Empat Pilar, bukan hanya menjadi tanggung jawab Majelis Permusyawaratan Rakyat, tetapi perlu dukungan dari masyarakat dan pemerintah. Sehingga pengamalan nilai-nilai Pancasila, dan pelaksanaan Undang-undang Dasar 1945, akan memperkuat Negara Kesatuan Republik Indonesia. Pada gilirannya  itu   akan membuat  seluruh rakyat Indonesia hidup berdampingan secra damai dengan  semangat Bhinneka Tunggal Ika.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00