• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Pesona Indonesia

Sate Tanjung,Khas Lombok Utara

10 September
14:28 2017
0 Votes (0)

VOI PESONA INDONESIA Berjumpa lagi dalam Pesona Indonesia. Hari ini kami akan mengajak anda berwisata ke Lombok Utara, di provinsi Nusatenggara Barat, untuk menikmati sate Tanjung. Jadi tetaplah bersama kami di RRI World Service Voice of Indonesia. Selain melalui gelombang pendek, anda juga dapat mendengarkan siaran kami melalui www.cn voi.co.id.

Lombok  tidak hanya  terkenal dengan keindahan pantai-pantainya seperti Pantai Senggigi dan  gili-gilinya seperti gili Trawangan , Gili Air dan Gili Meno. Tetapi   juga kulinernya yang bisa menggoyang lidah anda. Salah satu kuliner yang terkenal di Lombok, adalah Sate Tanjung. Dinamakan Sate Tanjung karena memang sate ini berasal dari desa Tanjung, ibukota Kab. Lombok Utara.   Sate Tanjung ini adalah Sate yang terbuat dari olahan ikan. Olahan ikan ini dililitkan  dan  dipadatkan  pada tusuk sate yang terbuat dari bambu. Sate ikan ini paling enak  di makan pada saat masih panas dan merupakan masakan khas orang Dayan Gunung  yang merupakan sebutan lain orang Lombok Utara.

penjual sate Tanjung ini amat mudah anda jumpai, terutama  di Pasar Tanjung, yang merupakan pusat sate ikan di desa Tanjung.  Di sini Beberapa penjual berderet  menjajakan sate ikan  ini. Anda tidak akan kesulitan menemukan Pusat Sate ikan ini karena letaknya tepat di tepi jalan utama  lintas utara Pulau Lombok. Harga  1porsi  sate tanjung  yang berisi 20 tusuk hanya Rp. 10.000.

Sate Tanjung ini bisa dinikmati sebagai camilan atau bisa juga sebagai lauk bersama nasi atau lontong.

Sate Ikan Tanjung berhubungan erat dengan kehidupan masyarakat Lombok Utara. Sate Ikan Tanjung menjadi makanan yang wajib disajikan pada hari besar keagamaan dan pesta perkawinan Suku Sasak di Tanjung. Ada nuansa spiritual bagi masyarakat Tanjung dalam hidangan sate ikan.

 Di hari raya Idul Fitri dan Idul Adha, setiap keluarga akan membuat sate ikan. Masakan sate ini disuguhkan kepada para tamu atau sekedar dimakan sendiri. Pada pesta perkawinan, sate ikan menjadi salah satu makanan yang harus  ada pada daftar sajian kepada tamu undangan. Pesta terasa hambar jika tanpa suguhan sate ikan.

Seiring berjalannya waktu, sate ikan kemudian menjadi alternatif sumber mata pencaharian bagi sebagian warga Tanjung. Pada awalnya, hanya warga dusun Kandang Kaok, Tanjung yang berdagang sate ikan. Tetapi dengan berkembangnya pariwisata di Lombok Utara menyebabkan banyak masyarakat Tanjung berminat untuk ikut berjualan Sate Ikan Tanjung.   Oleh karena itu tidak heran apabila anda bisa menjumpai Sate Tanjung ini tidak hanya di Tanjung, Lombok Utara, tetapi juga di seluruh Lombok dan sekitarnya.

pada waktu anda berada di Lombok,  selain menikmati keindahan pantai dan gili-gilinya, sempatkanlah pula untuk menikmati kuliner sate Tanjung ini. Pendengar, kita akhiri  Pesona Indonesia kali ini, yang mengajak anda untuk mencicipi kuliner Sate Tanjung  yang ada di Lombok. Kita berjumpa lagi besok dengan acara yang sama.// Edn  

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00