• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Pelangi Nada

Pop Sunda

8 September
14:00 2017
0 Votes (0)

VOI PELANGI NADA Edisi Pelangi Nada kali ini, kami akan menghadirkan lagu-lagu pop Sunda. Bahasa Sunda adalah salah satu bahasa daerah di Indonesia digunakan atau dipahami oleh hampir seluruh masyarakat di provinsi Jawa Barat, Banten dan wilayah Barat Jawa Tengah.

Tetaplah bersama kami di RRI World Service Voice of Indonesia yang bisa anda dengar melalui shortwave di 9525 kHz, live streaming di indonesia.rriworldservice.com,  atau melalui aplikasi RRI Play dan rriworldservice  di telpon pintar anda. Sebagai pembuka perjumpaan, mari kita dengarkan lagu berjudul  “ Kalangkang”  yang dibawakan oleh Nining Meida.

kata Kalangkang dalam bahasa Sunda berarti bayangan. Lagu yang diciptakan oleh Nano S ini menggambarkan perasaan seorang lelaki terhadap wanita yang dikaguminya. Namun semuanya itu baru sebatas bayangan atau impian belaka. Nining Meida adalah penyanyi pop Sunda yang banyak menyanyikan lagu karya Nano S, diantaranya Potret Manehna dan Rangrang Panyawangan. 

Kalangkang sekaligus juga menjadi judul Album pop Sunda Nining Meida yang dikeluarkan pada tahun 1988. Album ini terjual sebanyak satu juta kopi, sebuah angka yang sulit dicapai untuk penjualan lagu-lagu tradisional di Indonesia. Sebelumnya, lagu Kalangkang dibuat dalam versi degung. Atas saran si pencipta, Nano S, lagu-lagu dalam album Kalangkang dibuat dalam versi pop Sunda. Album ini mendapatkan HDX Award dan BASF Award sehingga mampu mengangkat lagu Sunda dalam kancah nasional. Bisa dikatakan lagu Kalangkang merupakan tonggak lahirnya lagu-lagu pop Sunda. Lagu Kalangkang seringkali menjadi lagu yang harus diperdengarkan di acara-cara resepsi pernikahan ala Sunda dan menjadi lagu favorit di acara-acara radio yang membawakan lagu-lagu Sunda. Baiklah saudara, berikut kita dengarkan sebuah  lagu sunda berjudul “Cinta” dinyanyikan oleh Hetty Koes Endang. 

seperti judulnya, lagu ciptaan Nano S ini menggambarkan semua tentang cinta. Bahwa cinta bisa membuat orang bahagia dengan segala keindahannya, namun cinta juga bisa hilang atau putus cinta. Karena itu diperlukan kesadaran dan pengorbanan dalam menjalaninya.

Saudara, geliat musik pop Sunda sangat terasa saat Nining Meida sukses lewat album fenomenalnya Kalangkang. Sukses ini kemudian membuat penggiat musik termasuk Musica Studio menggiring artis-artisnya untuk rekaman lagu pop Sunda antara lain Hetty Koes Endang. Bagi Hetty yang dikenal sebagai penyanyi serba bisa, kesempatan ini berhasil ditaklukkannya dengan baik. Album Cinta menjadi pembuka sukses Hetty Koes Endang dalam  genre pop Sunda. Lagu Cinta ini memang nikmat didengarkan dan menyejukkan. Walaupun hanya orang yang  berbahasa Sunda yang mengetahui betul makna lagu ini, namun lagu ini dapat diterima oleh semua kalangan pencinta musik di Indonesia.  Suksesnya lagu ini di pasaran semakin mengokohkan nama Hetty Koes Endang sebagai penyanyi multigenre yang nyaris selalu sukses dalam setiap album yang dirilisnya. Baiklah saudara, kita akhiri Pelangi Nada kali ini dengan sebuah lagu berjudul “Jalan Braga”  yang dibawakan oleh Hetty Koes Endang.// Wati

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00