• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

 Breaking News

Hari Ini Dalam Sejarah

Hari Ini Dalam Sejarah

10 September
11:55 2017
0 Votes (0)

VOI HARI INI DALAM SEJARAH Saudara jumpa lagi dalam acara Hari Ini dalam Sejarah dari RRI World Service Voice of Indonesia.

Kami awali dengan peristiwa10 September 1945 Cikal Bakal Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut
Sejarah TNI-AL dimulai tanggal 10 September 1945, setelah masa awal diproklamasikannya kemerdekaan negara Indonesia, administrasi pemerintah awal Indonesia mendirikan Badan Keamanan Rakyat Laut (BKR Laut).
BKR Laut dipelopori oleh pelaut-pelaut veteran Indonesia yang pernah bertugas di jajaran Koninklijke Marine (Angkatan Laut Kerajaan Belanda) pada masa penjajahan Belanda dan Kaigun pada masa pendudukan Jepang.
Terbentuknya organisasi militer Indonesia yang dikenal sebagai Tentara Keamanan Rakyat (TKR) turut memacu keberadaan TKR Laut yang selanjutnya lebih dikenal sebagai Angkatan Laut Republik Indonesia (ALRI), dengan segala kekuatan dan kemampuan yang dimilikinya. Sejumlah Pangkalan Angkatan Laut terbentuk, kapal-kapal peninggalan Jawatan Pelayaran Jepang diperdayakan, dan personel pengawaknya pun direkrut untuk memenuhi tuntutan tugas sebagai penjaga laut Republik yang baru terbentuk itu.

Beralih ke peristiwa 10 September 1974, Pengakuan Kemerdekaan Guinea-Bissau.
Guinea-Bissau adalah sebuah negara yang berada di Afrika Barat. Negara ini berbatasan dengan Senegal di utara dan Guinea di sebelah selatan dan timur, dan Samudera Atlantik di sebelah barat. Guinea-Bissau dulu merupakan bagian dari Kerajaan Kaabu, yang merupakan bagian dari Kekaisaran Mali. Bagian dari kerajaan ini bertahan hingga abad ke-18, sementara beberapa bagian lainnya adalah bagian dari Kekaisaran Portugal. Kemudian Guinea-Bissau menjadi bagian dari koloni Portugal, Guinea Portugal pada abad ke-19. Setelah kemerdekaan, dideklarasikan pada 24 September 1973 dan diakui pada 10 September 1974. Nama ibu kotanya, Bissau, ditambahkan ke dalam nama negara untuk menghindari kekeliruan dengan negara Guinea.

Kita Akhiri dengan 10 September 2011, Hari Pencegahan Bunuh Diri Sedunia dirayakan pertama kali.Tanggal 10 September setiap tahunnya diperingati sebagai Hari Pencegahan Bunuh Diri Sedunia. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan kepedulian dan aksi masyarakat di seluruh dunia untuk mencegah bertambahnya kasus bunuh diri. Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO sejak  2003 telah menganggap serius isu bunuh diri, hingga menggandeng International Association of Suicide Prevention untuk memperingati Hari Pencegahan Bunuh Diri Sedunia setiap tanggal 10 September. Data WHO menyimpulkan bunuh diri telah menjadi masalah besar bagi kesehatan masyarakat di negara maju dan menjadi masalah yang terus meningkat jumlahnya di negara berpenghasilan rendah dan sedang. Hampir satu juta orang meninggal setiap tahunnya akibat bunuh diri. Pada 2011, 40 negara menyelenggarakan peringatan hari pencegahan bunuh diri sedunia.  Saudara, sekian hari ini dalam sejarah kali ini dari RRI World Service di Jakarta.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00