• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

 Breaking News

Hari Ini Dalam Sejarah

Hari Ini Dalam Sejarah

9 September
14:10 2017
0 Votes (0)

VOI HARI INI DALAM DEJARAH  Saudara jumpa lagi dalam acara Hari Ini dalam Sejarah.

Kita awali dengan Hari Olah raga Nasional. Tanggal 9 September diperingati sebagai Hari Olah raga Nasional tidak lepas dari penyelenggaraan Pekan Olah raga Nasional pertama yang digelar di Surakarta, Jawa Tengah pada tanggal 9 September – 12 September 1948. Tanggal 9 September, tanggal pembukaan Pekan Olah raga Nasional kala itu, ditetapkan sebagai Hari Olahraga Nasional. Pembukaan PON pertama ini diresmikan oleh Presiden Pertama Republik Indonesia Soekarno, dan acara penutupannya dilakukan oleh Sri Sultan Hamengkubuwono IX (ke 9) selaku Ketua Komite Olimpiade Republik Indonesia. Pekan Olahraga Nasional pertama ini diikuti oleh sekitar 600 atlet yang bertanding pada 9 cabang olahraga yakni  atletik, lempar cakram, bulu tangkis, sepak bola, tennis, renang, pencak silat, panahan, dan bola basket. Pesertanya berasal dari tingkat karesidenan atau kota. Ada 13 kerasidenan atau kota yang berpartisipasi pada Pekan Olah raga Nasional pertama, antara lain, Surakarta, Yogyakarta, Bandung, Madiun, Semarang, Jakarta, dan Surabaya. Kota Surakarta menjadi juara dengan meraih 36 medali dari total 108 medali emas, perak, dan perunggu.yang diperebutkan.

Beralih ke peristiwa tanggal 9 September 1948,  bagian utara dari Korea menjadi Negara Korea Utara dengan nama resmi Republik Demokratik Rakyat Korea.

Awalnya semenanjung Korea diperintah oleh Kekaisaran Korea hingga dianeksasi oleh Jepang setelah Perang Rusia – Jepang tahun 1905. Setelah kekalahan Jepang pada Perang Dunia II, Korea dibagi menjadi wilayah pendudukan Soviet dan Amerika Serikat. Pasukan Amerika Serikat menduduki bagian selatan Semenanjung Korea, sedangkan pasukan Uni Soviet menguasai bagian utara. Pada bulan November 1947, Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa  menyepakati sebuah resolusi yang meminta diadakannya pemilihan umum di Korea di bawah pengawasan sebuah Komisi PBB. Akan tetapi, Uni Soviet menolak untuk mematuhi resolusi tersebut dan menolak masuknya Komisi PBB ke bagian paruh utara Korea. Majelis Umum PBB kemudian membuat resolusi lain yang menuntut diadakannya pemilihan umum di wilayah-wilayah yang bisa dimasuki oleh Komisi PBB. Pemilihan umum pertama dilaksanakan pada tanggal 10 Mei 1948 di wilayah-wilayah di sebelah selatan garis lintang 38.  Garis lintang ini pada akhirnya membagi Semenanjung Korea menjadi Korea Selatan dan Korea Utara. Secara resmi, bagian selatan dari Korea menjadi sebuah Negara bernama Korea Selatan pada 15 Agustus 1948 dan bagian utara dari Korea menjadi Negara Korea Utara pada 9 September 1948.

Kita akhiri Hari Ini Dalam Sejarah dengan peristiwa pada tanggal 9 September 2004, sebuah bom mobil meledak  di depan Kedutaan besar Australia di Jakarta, Indonesia dan menewaskan 10 orang.

Sebuah bom mobil meledak di depan Kedutaan Besar Australia pada pukul 10.30 Waktu Indonesia bagian Barat di kawasan Kuningan, Jakarta. Menurut pihak Indonesia, jumlah korban jiwa yang berhasil diidentifikasi 9 orang namun pihak Australia menyebut angka 11. Di antara korban yang meninggal adalah satuan pengamanan Kedutaan Besar, pemohon visa, staf Kedutaan Besar, dan warga yang berada di sekitar tempat kejadian saat bom tersebut meledak.Tidak ada warga Australia yang meninggal dalam kejadian ini. Beberapa bangunan di sekitar tempat kejadian juga mengalami kerusakan.

Sekian, hari ini dalam sejarah dari RRI World service di Jakarta.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00