• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Warna Warni

Pesona Karnaval Danau Toba 2017

7 September
14:34 2017
0 Votes (0)

VOI WARNA WARNI Dalam edisi Warna Warni kali ini saya sajikan informasi mengenai Pesona Karnaval Danau Toba 2017. Pastikan Anda tetap bersama kami di www.voi.co.id.

Danau Toba merupakan salah satu danau terbesar di Indonesia yang terletak di provinsi Sumatera Utara. Danau ini di akui sebagai danau terdalam di dunia, danau vulkanik terbesar di dunia, dan danau terbesar ke dua di dunia setelah danau Victoria di Afrika. Tak hanya itu saja, keunikan danau Toba lainnya adalah keberadaan Pulau Samosir seluas 64 ribu hektar yang berada di tengah-tengah danau tersebut. Danau Toba memiliki destinasi yang lengkap sebagai wisata alam, geopark dan water sport ditambah kekayaan budaya yang unik. Danau ini pun terus dikembangkan potensinya. Salah satunya dengan menetapkan Danau Toba sebagai salah satu dari 10 Destinasi Wisata Prioritas. Selain itu pembangunan infastruktur pun digiatkan. Beragam kegiatan promosi wisata juga dihelat untuk mendongkrak kunjungan wisatawan ke danau tersebut. Salah Satunya Karnaval Pesona Danau Toba.

Karnaval Pesona Danau Toba 2017 akan digelar di Balige, Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara, pada 9 hingga 10 September 2017. Karnaval ini digelar sebagai agenda tahunan untuk memperkokoh persatuan bangsa dan sekaligus membawa Pesona Danau Toba lebih mendunia. Selain  itu, tentunya juga digelar untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan.  Diharapkan tahun 2019, kawasan Danau Toba mampu mendatangkan turis sebanyak 1 juta orang. Kegiatan pariwisata Danau Toba ditargetkan pada 2019 akan memberikan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) sebesar Rp 16 triliun serta menciptakan sebanyak 300 ribu lapangan kerja baru. Ini tentunya akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. 

Karnaval Pesona Danau Toba akan diikuti oleh 2000 orang peserta karnaval. 500 orang diantaranya merupakan peserta inti untuk manghunti tandok (menjungjung tandok). Tandok adalah anyaman berisi beras yang biasanya dipanggul di atas kepala wanita Batak. Selain itu, ada pula peserta karnaval yang bermain terompet sangkakala. Karnaval akan semakin meriah dengan adanya parade perahu berhias lampu warna-warni di Danau Toba. Parade ini akan menggunakan jalur sepanjang 3,5 Kilometer dari Soposurung hingga Balerong. Jalur karnaval akan berakhir di  pasar tradisional Balerong, pasar dengan enam bangunan megah berhiaskan ukiran khas Batak Gorda. Selain Parade Karnaval, acara akan dimeriahkan dengan Pesta Hiburan Rakyat yang dipusatkan di Tugu DI Panjaitan dan Lapangan Sisingamaraja XII Balige. Akan ada pula Pameran Produk Kuliner. Selain itu, dapat menikmati pertunjukan seni dan budaya lokal dari karnaval  tersebut, wisatawan juga dapat mengunjungi berbagai tempat wisata di sekitar Danau Toba.Kita jumpa lagi dalam edisi Warna-Warni berikutnya dengan tema-tema menarik lainnya. //Dora

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00