• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Pesona Indonesia

Wisata Kuliner ke Kabupaten Demak

31 August
12:03 2017
0 Votes (0)

VOI PESONA INDONESIA Berjumpa lagi dalam Pesona Indonesia. Hari ini kami ajak anda berwisata kuliner ke kabupaten Demak, Jawa Tengah. Jadi tetaplah bersama kami di RRI World Service Voice of Indonesia. Selain melalui gelombang pendek, anda juga dapat mendengarkan siaran kami melalui www.voi.co.id.

Demak merupakan salah satu kabupaten di pesisir utara provinsi Jawa Tengah. Kabupaten ini dikenal dengan destinasi wisata religinya. Banyak wisatawan berkunjung ke Demak untuk ziarah ke makam Sunan Kali Jaga ataupun Raden Fatah, sekaligus mengunjungi Masjid Agung Demak. Selain destinasi wisata religi, Kota dengan ciri khas Tugu Belimbingnya ini juga punya destinasi alam, khususnya pantai-pantai yang indah, karena letaknya di pesisir utara Jawa. Ada pantai Morosari dan Surodadi yang bisa dikunjungi. Lelah mengunjungi berbagai objek wisata menarik di Demak, saatnya anda mencoba beragam kuliner tradisionalnya. Salah satunya Bubur Jamu Coro.

Bubur Jamu Coro terdiri dari dua jenis kuliner, yakni bubur dan jamu coro. Bubur terbuat dari tepung beras. Dan Jamu coro terbuat dari santan kelapa, gula merah, garam halus, kayu manis, cengkeh, jahe, lengkuas dan daun pandan. Santan direbus di atas api sedang bersama daun pandan, diaduk hingga mendidih. Kemudian masukkan semua bahan lainnya kedalam rebusan santan hingga tercium aroma harum. Kuliner ini bisa dinikmati sekaligus atau terpisah.Bubur Jamu Coro akan terasa nikmat jika saat dihidangkan ditambah santan, kinca atau air rebusan gula merah dan merica bubuk. Rasanya begitu menggugah selera. Bubur Coro yang berisi bubur tepung dan Jamu Coro itu juga bisa dijual dan dinikmati terpisah. Anda bisa membeli bubur saja dengan variasi kinca dan santan, atau Jamu Coro saja ditambah merica. Pedasnya akan terasa. Jamu Coro ini dipercaya bisa mengobati perut kembung dan masuk angin karena terasa hangat di perut.orang dewasa biasanya membeli Bubur Jamu Coro untuk kebugaran tubuh. Biasanya habis mengkonsumsi Bubur Jamu Coro, para penikmatnya merasa tubuhnya langsung segar. Sedang  anak-anak biasanya menyerbu gulali yaitu makanan semacam permen yang terbuat dari karamel dan dililitkan di sebilah bambu Para penjual Bubur Jamu Coro biasanya membawa gulali sebagai pelengkap dagangan. Bubur Jamu Coro biasanya dinikmati sebagai sarapan pagi atau dinikmati saat sore hari. Kuliner ini sangat nikmat jika disantap selagi hangat. Para pedagangnya biasanya menjual kuliner ini diatas sepeda. Mereka berkeliling kampung menjajakan Bubur Jamu Coro. Harganya Relatif murah, Rp. 2000 hingga Rp. 5000 per porsi.demikianlah edisi Pesona Indonesia kali ini, dengan topik Kuliner Bubur Jamu Coro. Besok, kita akan berjumpa kembali dengan topik- topik menarik lainnya.//

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00