• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Warna Warni

Bijak Bersosmed

31 August
11:56 2017
0 Votes (0)

VOI WARNA WARNI Dalam edisi Warna Warni kali ini saya sajikan informasi mengenai Gerakan #BijakBersosmed. Pastikan Anda tetap bersama kami di www.voi.co.id.

Menurut Direktur Jenderal Aplikasi Informatika, Kementerian Komunikasi dan Informasi, Samuel Abrijani Pangerapan, Sosial media saat ini sudah menjadi gaya hidup masyarakat Indonesia, khususnya anak-anak muda perkotaan. Lebih dari 132 juta populasi Indonesia atau sekitar 51 persen dari total populasi Indonesia terhubung satu dengan yang lainnya melalui dunia maya dengan berbagai perangkat-perangkat digital. Sementara itu,  kekuatan sosial media saat ini ternyata kemudian dimanfaatkan oleh sebagian kelompok untuk memproduksi konten-konten yang dapat memecah belah persatuan dengan  ujaran-ujaran yang tak bertanggung jawab bahkan digunakan sebagai ladang profit bagi para produsen hoaks. Melihat kondisi tersebut,  pihak-pihak yang peduli terhadap media sosial menilai harus membuat sebuah gerakan sederhana untuk mengajak pengguna media sosial lebih sadar dan bijak dalam menggunakan media sosial. 

26 Agustus  lalu, para penggiat media sosial, komunitas dan berbagai organisasi resmi meluncurkan gerakan #BijakBersosmed demi mendorong dan menjaga penggunaan sosial media di Indonesia. Peluncuran gerakan #BijakBersosmed merupakan awal dari upaya mewujudkan media sosial agar menjadi tempat untuk menyampaikan informasi yang baik dan benar, melahirkan informasi baru, bertukar gagasan dan menghargai perbedaan pendapat. Dengan gerakan ini diharapkan, masyarakat turut menjadi agen perubahan (agent of change) guna menjadikan media sosial yang sehat, aman, dan cerdas.

Gerakan bijak bersosmed lebih fokus pada gerakan penyadaran.  Gerakan bijak bermedsos memiliki dua bentuk. Pertama, gerakan online. Gerakan ini mengajak orang melalui berbagai media sosial untuk menggunakan media sosial secara bijak. Gerakan kedua, mengajak berbagai kalangan dan komunitas bertemu dan mengkampanyekan gerakan bijak bersosmed bersama-sama kepada publika. Bentuk utama kegiatan dari Gerakan #Bijakbersosmed berupa penyebaran informasi penggunaan sosial media dengan lebih bijak yang didukung video-video informatif dan e-book. Selain itu ada pula penyediaan ikrar #BijakBersosmed online yang dapat diikuti dengan mengunjungi www.bijakbersosmed.id .

Demikian edisi Warna Warni kali ini dengan tema Gerakan #BijakBersosmed. Kita jumpa lagi dalam edisi Warna-Warni berikutnya dengan tema-tema menarik lainnya. 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00