• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Pesona Indonesia

Coto Makassar, Sulawesi Selatan

4 September
21:07 2017
0 Votes (0)

VOI PESONA INDONESIA Makassar, Sulawesi Selatan tidak hanya memiliki lokasi wisata yang indah, tetapi juga memiliki wisata kuliner yang sangat nikmat. Seperti, Sop Saudara, Sop Konro, Es Pisang Hijau, atau pun Coto Makassar. Kali ini, Pesona Indonesia akan memperkenalkan Coto Makassar. Coto Mangkasara atau biasa disebut Coto Makassar adalah makanan khas Makassar yang sudah cukup terkenal bahkan hingga ke Mancanegara. Coto Makassar dihidangkan didalam mangkuk dan dimakan dengan ketupat dan “Burasa”. Makanan ini terbuat dari jeroan atau isi perut sapi yang direbus dalam waktu yang lama. Rebusan jeroan sapi yang bercampur dengan daging sapi tersebut kemudian diiris dan dibumbui dengan bumbu yang sudah diracik sendiri. setelah jeroan dan daging sapi direbus dengan kuah yang telah dicampur dengan jahe, lengkuas, serai dan daun salam, tiriskan airnya dan potong daging menjadi bentuk dadu dan rebus kembali dengan kuah kaldu.

Kemudian tumis semua bumbu yang sudah dihaluskan, bumbu ini mencakup, bawang putih, bawang merah, tauco,  cabai keriting yang sudah direbus, kemiri, ketumbar, jintan yang sudah disangrai, merica butiran dan garam. Setelah tercium bau harum dari tumisan bumbu tersebut, selanjutnya masukan bumbu tersebut kedalam kaldu, dan tambahkan kacang tanah yang sudah digoreng dan rebus hingga mendidih. saat ini Coto Makassar sudah menyebar ke seluruh penjuru Indonesia, mulai dari warung pinggiran hingga restoran. Sejak tahun 2008, Coto Makassar menjadi salah satu menu pada penerbangan domestic Garuda Indonesia tujuan Makassar.

Apabila anda mengunjungi Makassar sangat disarankan untuk mencicipi masakan ini. Anda dapat menemukan makanan ini hampir disetiap tempat makanan di Makassar dengan kisaran harga Rp. 20.000 – Rp. 25.000 per porsi. Demikian Pesona Indonesia edisi kali ini tentang Coto Makassar dari Sulawesi Selatan. Kita akan berjumpa kembali esok dengan topik-topik menarik lainnya. Sampai Jumpa.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00