• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Hari Ini Dalam Sejarah

Hari Ini Dalam Sejarah

2 September
12:16 2017
0 Votes (0)

VOI HDS 2 September 1945 Pembentukan Kabinet Republik Indonesia Yang Pertama.

Tanggal 2 September 1945 merupakan hari penting bagi pemerintahan Indonesia. Karena pada hari ini Presiden Soekarno, setelah terpilih sebagai Presiden Republik Indonesia pertama, segera membentuk Kabinet Republik Indonesia  pertama. Dalam kabinet ini, para menteri bertanggung jawab kepada Presiden atau sering disebut dengan Kabinet Presidensial. Kabinet ini terdiri atas 12 menteri pemimpin departemen dan 4 menteri negara. Pada saat yang bersamaan Presiden mengangkat Ketua Mahkamah Agung, Jaksa Agung, Sekretaris Negara, dan Juru Bicara Negara. Selain itu Presiden juga mengangkat gubernur untuk 8 provinsi, yaitu provinsi Sumatra, Jawa barat, Jawa tengah, Jawa timur, Nusa Tenggara, Maluku, Sulawesi, dan Kalimantan, serta dua daerah istimewa, yaitu Yogyakarta dan Surakarta.

2 September 1945 Perang Dunia Ke Dua Berakhir. 

Perang Dunia  ke dua adalah konflik militer global yang terjadi pada 1 September 1939 hingga 2 September 1945. Peperangan dimulai saat Jerman menginvasi Polandia pada tanggal 1 September 1939. Perang Dunia dua berkecamuk di tiga benua, yaitu Afrika, Asia, dan Eropa. Peperangan ini melibatkan sebagian besar negara di dunia, termasuk semua kekuatan-kekuatan besar yang dibagi menjadi dua aliansi militer yang berlawanan, Sekutu dan Poros. Perang ini merupakan perang terbesar sepanjang sejarah dengan melibatkan lebih dari 100 juta personil. Lebih dari tujuh puluh juta orang, mayoritas warga sipil, tewas. Hal ini menjadikan Perang Dunia ke dua sebagai konflik paling mematikan dalam sejarah manusia. Perang Dunia ke dua berakhir secara resmi ketika Jepang menyerah tanpa syarat kepada Amerika Serikat dengan menandatangani dokumen Japanese Instrument of Surrender di atas kapal USS Missouri pada tanggal 2 September 1945. Kejadian ini terjadi  empat bulan setelah menyerahnya Jerman. 

2 September 1945 Vietnam Merdeka. 

Vietnam pada pertengahan abad ke 19 berada di bawah penguasaan Perancis. Namun pada tahun 1940, dalam Perang Dunia ke dua, setelah kekalahan Perancis dari Jerman, Kaisar Jepang menggunakan kesempatan melemahnya Perancis ini dengan menguasai Vietnam. Vietnam berada di bawah kekuasaan Jepang sampai Perang Dunia ke dua berakhir dengan kekalahan Jepang. Pada masa ini, organisasi perlawanan Indochina yang dipimpin Ho Chi Minh berhasil menguasai Vietnam, dan pada tanggal 2 September 1945 Ho Chi Minh mengumumkan kemerdekaan Vietnam dengan sebutan Republik Demokrasi Vietnam yang berpusat di Hanoi. Beberapa bulan kemudian Ho Chi Minh diangkat sebagai presiden.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00