• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Pesona Indonesia

Sego Megono, Kuliner dari Pekalongan

27 August
10:13 2017
0 Votes (0)

VOI PESONA INDONESIA Berjumpa lagi dalam Pesona Indonesia. Hari ini kami akan memperkenalkan kepada anda kuliner dari Pekalongan yaitu: “Sego Megono”. Jadi tetaplah bersama kami di RRI World Service Voice of Indonesia. Selain melalui gelombang pendek, anda juga dapat mendengarkan siaran kami melalui www.voi.co.id.

Pekalongan merupakan salah satu tempat yang terkenal di provinsi Jawa Tengah, kota ini tidak hanya menyimpan budaya yang tinggi dengan batiknya sehingga Pekalongan juga dinamakan Kota Batik, tetapi juga karena budaya kuliner desa yang hadir dalam modernisasi makanan.  Salah satu kuliner  yang terkenal dan sangat enak dari Pekalongan adalah Sego Megono. Sego artinya nasi sedang Megono adalah sayur. Jadi Sego Megono adalah Nasi Sayur.

bila anda berkunjung ke Pekalongan, tidak puas rasanya bila tidak mencicipi kuliner yang satu ini.  Bahan sayur megono berasal dari nangka muda yang dicincang halus kemudian diberi bumbu khas urap yang pedas dan gurih. Biasanya pada waktu menikmatinya  ditambah dengan sambal tauco dan terik tempe yang berbalut santan, atau tempe mendoan yaitu tempe diiris tipis yang digoreng memakai tepung    dan ayam goreng.  Dan pada waktu menikmati Nasi Megono ini jangan lupa juga untuk  memesan minuman yang berbahan dasar teh hitam yang disajikan di poci tanah liat ditambah dengan gula batu sebagai pemanisnya.

untuk menikmati kuliner dari Pekalongan, Nasi Megono ini tidak akan membuat kantong ada kosong. Karena  satu porsi nasi megono komplit dihargai Rp.3500 sampai dengan Rp.4500, belum termasuk tempe mendoan dan ayam goreng. Sedangkan utk teh poci gula batu hanya dihargai Rp. 4000.

Kebanyakan nasi Megono ini dimakan pada pagi hari sebagai sarapan dan menghidangkannya tidak menggunakan piring melainkan memakai pincuk atau semacam piring yang terbuat dari daun pisang.

Pendengar,   seiring dengan perkembangan jaman, masyarakat kota Pekalongan sering mengkombinasikan nasi Megono ini dengan ikan dan daging,  sehingga  nasi Megono lebih lezat dan bergizi.

Nasi Megono  yang sudah menjadi warisan turun temurun, sangat   mudah dijumpai di pelosok Pekalongan terutama  dari kabupaten Batang sampai Kabupaten Pemalang, karena di sepanjang  jalan  anda akan dengan mudah menemukan warung-warung yang menyediakan Nasi Megono.

kita akhiri  Pesona Indonesia kali ini, yang memperkenalkan dan mengajak anda untuk mencicipi kuliner dari Pekalongan yang bernama Sego Megono atau Nasi Sayur. Kita berjumpa lagi besok dengan acara yang sama. Inilah Suara Indonesia di Jakarta.// Edn

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00