• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Warna Warni

Kereta wisata Prioritas

15 August
10:54 2017
0 Votes (0)

VOI WARNA WARNI Dalam edisi Warna Warni kali ini saya sajikan informasi mengenai Kereta Wisata Prioritas. Pastikan Anda tetap bersama kami di www.voi.co.id.

selain keluarga presiden dan tamu Negara, kini masyarakat umum bisa menikmati kereta api dengan fasilitas VVIP. Jumat, 4 Agustus 2017, PT Kereta Api (KA) Wisata yang merupakan anak perusahaan PT KAI mengeluarkan gerbong baru khusus kereta wisata prioritas. Kereta wisata yang sebelumnya hanya diperuntukkan untuk rombongan atau hanya bisa dipesan satu gerbong, kini bisa dinikmati secara personal. Pelayanan yang diberikan merupakan kelas utama, di atas eksekutif, sekelas VVIP tamu kepresidenan.

Dalam kereta wisata prioritas ini, fasilitas kelompok didesain untuk bisa dinikmati secara pribadi. Seperti karaoke menjadi Audio Video On Demand (AVOD) di setiap seat penumpang, lalu makanan yang tadinya prasmanan dijadikan ala carte, dan fasilitas lainnya. Desain kereta pun memiliki perbedaan yang mencolok dengan kereta wisata sebelumnya. Dominasi warna coklat dan emas menunjukkan eksklusif dan elegan. Terlebih dindingnya, karena semua dindingnya dilapisi kayu jati. Untuk operasionalnya, gerbong kereta dengan sentuhan modern ini masih menempel di bagian terdepan atau bagian paling belakang dari kereta eksekutif. Gerbong diletakkan di paling belakang atau paling depan, agar pelayanannya eksklusif. Ada bar dan restonya sendiri, walaupun satu rangkaian namun pelayanannya tetap mandiri. Dalam satu gerbong kereta prioritas ini hanya berisikan 30 penumpang, dari biasanya bisa 50 kursi untuk gerbong eksekutif biasa. Sehingga ruang duduk penumpang lebih leluasa, terutama pada bagian kaki.

Kereta wisata prioritas ini hanya beroperasi di tiap akhir pekan. Kereta wisata prioritas untuk pertama kali ini dengan tujuan Jakarta-Solo dan Jakarta-Yogyakarta. Keduanya berlaku pulang-pergi. Tujuan Yogyakarta berangkat setiap Jumat malam, pukul 20.45 WIB dari Jakarta (Gambir), dan pulang hari Minggu pukul 20.00 WIB. Untuk tujuan Solo berangkat juga tiap Jumat pukul 20.15 WIB dari Jakarta (Gambir), dan pulang hari Minggu pukul 20.00 WIB. Membeli tiketnya sama seperti tiket kereta pada umumnya. Tiket bisa dipesan di semua channel pembayaran tiket kereta. Antara lain via KAI Access, KAI 121, loket kereta api, konter KA Wisata, situs KAI, dan para partner online dan offline penjualan tiket KAI pada umumnya. Harga promo yang ditawarkan hingga Oktober 2017 ialah Rp 750.000 termasuk beragam fasilitas gratis seperti makan, snack, dan minum.

Demikian edisi Warna Warni kali ini dengan tema Kereta Wisata Prioritas. Kita jumpa lagi dalam edisi Warna Warni berikutnya dengan tema-tema menarik lainnya.//

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00