• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Komentar Voice Of Indonesia

Pramuka, Penerus Terbaik Bangsa

14 August
13:42 2017
0 Votes (0)

VOI KOMENTAR Hari ini, 14 Agustus, diperingati sebagai Hari Gerakan Pramuka Nasional. Sejarah gerakan Pramuka tidak bisa dilepaskan dari pengalaman pendiri Gerakan Pramuka Sedunia yaitu Lord Robert Baden Powell. Pengalaman Baden Powel inilah yang kemudian mendasari pembinaan remaja di  Inggris yang kemudian tumbuh berkembang menjadi gerakan kepramukaan. Di Indonesia Gerakan Pramuka telah diakui oleh pemerintah dengan diterbitkannya Keputusan Presiden Nomor 238 tahun 1961 tentang Gerakan Kepramukaan. Surat Keputusan ini  menetapkan gerakan pramuka sebagai satu-satunya organisasi kepanduan yang ditugaskan untuk  menyelenggarakan pendidikan kepanduan bagi anak-anak dan pemuda Indonesia.

Gerakan Pramuka merupakan salah satu kegiatan organisasi pendidikan non-formal di lingkungan sekolah yang memberikan banyak manfaat secara langsung maupun tidak langsung kepada para anggotanya.

Dalam Gerakan Pramuka diajarkan berbagai macam bidang keilmuan maupun pembentukan mental serta perilaku yang baik. Melalui kegiatan kepramukaan, eksplorasi bakat dan minat anggotanya akan tersalurkan. Ini  karena pramuka menghargai setiap bakat dan minat para anggotanya. Di samping itu, juga  memberi wadah serta memfasilitasi mereka sesuai dengan bidang yang ditekuni.

Di dalam Pramuka, para anggota dapat mempraktikkan teori-teori keilmuan yang dipelajari disekolah dan dapat membuktikannya  secara langsung. Sehingga kecerdasan dan ketrampilan mereka semakin terasah.

Pramuka dalam era modern ini sangat penting. Terutama dalam mengembangkan sifat patriotisme dan nasionalisme di kalangan remaja. Selain itu, Gerakan Pramuka juga dapat menumbuhkan rasa kebersamaan antar anggotanya.

Di tengah gencarnya arus teknologi dan era globalisasi, serta serangan terorisme dan maraknya peredaran narkoba, Gerakan Pramuka menjadi pilihan tepat sebagai wadah pembinaan generasi muda. Utamanya  untuk menuju  ke arah pembentukan dan peningkatan kualitas manusia.  Agar dapat menghasilkan  generasi muda yang memiliki kepribadian, cerdas serta bertanggungjawab pada kelangsungan pembangunan bangsa. 

Gerakan Pramuka menjadikan anggotanya warga Negara yang tidak pesimis dalam menghadapi tantangan zaman. Bagi anggota Pramuka, tantangan bukanlah hambatan. Sebaliknya, tantangan memberikan suatu peluang dan motivasi untuk berkreasi. Sekian Komentar.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00