• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Pesona Indonesia

Pulau Pombo, Maluku

14 August
11:14 2017
0 Votes (0)

VOI PESONA INDONESIA Jumpa lagi dalam Pesona Indonesia, Seperti biasa Anda dapat mendengarkan program kami via streaming di voi.co.id, gelombang pendek 9525 KHz dan aplikasi RRI Play di ponsel cerdas Anda. Hari ini kami akan memperkenalkan Pulau Pombo di Maluku. Jadi tetaplah bersama kami hanya di RRI World Service Voice of Indonesia.

Maluku atau yang dikenal juga secara internasional dengan nama Moluccas atau Molukken merupakan salah satu provinsi di Indonesia. Provinsi ini dijuluki sebagai provinsi seribu pulau, karena ia dianugerahi pulau-pulau kecil yang cantik dengan keindahan bawah lautnya. Karena itu, Pulau Pombo menjadi tujuan wisata yang harus dikunjungi oleh para wisatawan. Pulau ini menyuguhkan wisata bawah laut yang menakjubkan yang telah menjadi cagar alam mini.

Pulau Pombo berada di tengah-tengah Pulau Ambon dan Pulau Haruku. Sementara secara administratif seluruh kawasan di Pulau Pombo masuk ke dalam wilayah Kecamatan Salahhutu, Kabupaten Maluku Tengah. Jaraknya hanya 5 kilometer dari kota Ambon, ibukota provinsi Maluku.

Untuk mencapai pulau ini, anda dapat menggunakan kendaraan umum dari Kota Ambon selama kurang lebih 1 jam ke arah Pelabuhan Tulehu yang terletak di utara Kota ini. Kemudian dari pelabuhan menuju Pulau Pombo, anda dapat menggunakan speed boat selama 10 menit dengan biaya sekitar 60.000 sampai 100.000 Rupiah.

Pulau Pombo adalah pulau kecil yang indah. Luasnya hanya sekitar 2 hingga 3 hektar. Ia dikelilingi pasir putih dengan pepohonan di pesisir pantai. Kawasan lautnya berupa pulau koral yang mengelilingi sebuah laguna sebagian atau seluruhnya, dan rangkaian batu karang besar dan kecil. Air lautnya yang jernih sangat memungkinkan untuk melihat pemandangan dasar lautnya.

Ketika air laut surut, bebatuan karang yang sebelumnya bersembunyi di dasar laut akan muncul ke pemukaan, membentuk sebuah pemandangan yang indah dan langka. Menyelam merupakan aktivitas wisata favorit di pulau ini. Anda akan menyaksikan kekayaan biota lautnya, mulai dari berbagai jenis ikan, kerang, rumput laut, hingga terumbu karang dengan beragam bentuk yang unik.

Selain menjelajahi keindahan bawah lautnya, nikmati juga keindahan daratan pulau Pombo. Anda bisa mengelilingi daratan pulau ini dengan berjalan kaki selama 1 jam. Ketika berkeliling, anda pun akan berjumpa hewan endemik Maluku yaitu burung Pombo dan berbagai jenis burung lainnya. Pulau Pombo memang tempat singgah dan sarangnya burung Pombo.

Di pulau ini, belum terdapat penginapan. Jika ingin menginap, anda bisa berkemah atau menginap di kota terdekat, yakni Ambon. Apabila Anda memutuskan untuk berkemah di pulau ini maka dianjurkan untuk membawa seluruh perlengkapan mulai dari pakaian ganti, perlengkapan snorkeling dan menyelam, makanan dan minuman, hingga obat-obatan.

demikian Pesona Indonesia edisi kali ini tentang Pulau Pombo dari Maluku. Kita akan berjumpa kembali esok dengan topik-topik menarik lainnya.// Ihsan

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00