• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Berita Hari Ini

Presiden Sampaikan Rencana Pengembangan Bandara Jember

14 August
07:03 2017
0 Votes (0)

VOI BERITA - Jember Presiden Joko Widodo menyampaikan pemerintah tengah mempersiapkan rencana pengembangan bandara Noto Hadinegoro di Jember, Jawa Timur. Berbicara usai membagikan Kartu Indonesia Pintar kepada sejumlah pelajar, Minggu di Jember, Jawa Timur, Presiden mengatakan rencana pengembangan bandara Noto Hadinegoro rencananya akan mulai dilaksanakan di tahun 2018 mendatang. Presiden menargetkan pengembangan bandara tersebut akan selesai pada tahun 2019. 

Pembangunan bandara Noto Hadinegoro akan mencakup perpanjangan landasan pacu dan perluasan terminal. Menurut Presiden rencana pengembangan tersebut akan memakan biaya 300 hingga 450 miliar rupiah. 

Bandara Jember sudah kita siapkan. Nanti kita mulai 2018. Diperpanjang runway, terminal diperbesar. Selesai 2019. Butuh waktu 2 tahun. Ya masuk kesana karena untuk subembarkasi itu kan harus panjang runway, terminalnya dibesarkan. Sudah kita sampaikan kemarin ke ibu Bupati sudah. Anggarannya urusan pusat. Sudah ga ada masalah sudah kita cek semua. Tinggal pelaksanaannya. Anggarannya kurang lebih 300-450 miliar.

Sementara itu, Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Agus Santoso, mengatakan saat ini landasan pacu Bandara Noto Hadinegoro berukuran panjang 1.700 meter dan hanya bisa dilintasi oleh pesawat kecil. Untuk itu, landasan pacu tersebut akan diperpanjang menjadi 2.250 meter.

Menurutnya kebutuhan pengembangan Bandara Noto Hadinegoro dirasakan mengingat semakin meningkatkanya kebutuhan masyarakat akan perluasan bandara tersebut. Selama ini bandara Noto Hadinegoro Jember hanya bisa digunakan untuk pesawat berukuran kecil dengan jarak terbang pendek. Perluasan bandara ini diharapkan akan mampu meningkatkan pelayanan penerbangan jarak jauh bagi masyarakat termasuk untuk keberangkatan haji. (Ndy)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00