• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Warna Warni

Nur Aini, Wara Pertama Terbangkan Pesawat Trike

12 August
10:32 2017
0 Votes (0)

Tanggal 12 Agustus, Indonesia merayakannya sebagai Hari Wanita Angkatan Udara. Terkait dengan peringatan Hari Wanita Angkatan Udara, warna-warni kali ini mengetengahkan “Nur Aini, Perempuan Anggota TNI AU Pertama yang Terbangkan Pesawat Trike”.

Wara dibentuk pada 12 Agustus 1962. Wara adalah sebutan untuk prajurit TNI AU wanita. Tujuan pembentukan Wara agar kaum wanita dapat menjadi anggota TNI AU seperti kaum pria. Di awal pembentukan, para Wara mendapat kepercayaan bertugas sesuai naluri dan kodrat kewanitaan, seperti bidang administrasi atau guru bahasa.

Setelah berjalan beberapa tahun, para wanita TNI-AU ini mampu menunjukkan kemampuan yang lebih. Tugas-tugas yang berkaitan dengan penerbangan mulai dimasuki, misalnya ikut mengatur penerbangan melalui menara pengawas lalu lintas udara (tower). Sejak itulah Wara terus berkembang, tidak canggung lagi melakukan tugas yang biasanya dilakukan oleh tentara pria. Salah satunya ditunjukkan Sersan Dua Nur Aini.

Perempuan kelahiran Kupang, Nusa Tenggara Timur, 24 tahun lalu ini merupakan perempuan anggota TNI AU pertama yang mampu menerbangkan pesawat jenis microlight trike.

Menurut Nur Aini, setelah mengikuti seleksi bersama sekitar 20 orang lainnya untuk ikut sekolah pilot trike, ia dinyatakan lulus dan merupakan satu-satunya wanita. Nur Aini kemudian mengikuti pendidikan pilot selama satu bulan di Bogor, Jawa Barat. Selama pendidikan, dia memperoleh 20 jam menerbangkan pesawat trike. Setelah 20 jam terbang bersama pelatih, Aini dinyatakan lulus dan boleh menerbangkan trike solo atau sendiri.

Pesawat ringan jenis trike adalah sebuah pesawat ringan (microlight), hasil modifikasi dari gantole yang dilengkapi mesin. Di beberapa negara maju, fungsi trike telah dikembangkan menjadi pesawat untuk pemupukan lahan pertanian, pemantauan lalu lintas maupun patroli hutan, foto udara, dan alat untuk berpromosi seperti menarik banner atau menyebarkan selebaran kepada masyarakat.

Aini berharap, seluruh perempuan dapat terus maju dan tak gentar dalam mengejar cita-cita atau menjalani karier layaknya laki-laki. Akan tetapi, jangan lepas dari perannya sebagai wanita di keluarga.(Devy)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00