• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Berita Hari Ini

Presiden Joko Widodo Ajak ASEAN Ambil Pelajaran Dari Brexit

12 August
07:21 2017
0 Votes (0)

ASEAN harus semakin relevan dan bermanfaat dalam menjawab berbagai tantangan bersama, di tengah melemahnya laju perekonomian global. Demikian dikatakan Presiden Joko Widodo dalam pidatonya menyambut Peringatan 50 tahun ASEAN di Sekretariat ASEAN di Jakarta, Jumat (11/8). Presiden juga mengingatkan, integrasi ekonomi ASEAN harus mampu membawa manfaat bagi rakyat ASEAN, bukan hanya bagi pengusaha besar, tetapi juga pada Usaha Kecil Menangah, petani, nelayan dan sektor informal. ASEAN juga harus mendatangkan manfaat bagi perempuan dan anak-anak muda, kata Presiden. Joko Widodo juga mengingatkan, jika hasil pembangunan ASEAN tidak dapat dirasakan manfaatnya oleh rakyat ASEAN, maka mereka akan bertanya, apa manfaat ASEAN buat mereka. Dalam hal ini Joko Widodo menyebut kasus Brexit atau keluarnya Inggris dari Uni Eropa sebagai pembelajaran. 

Apa yang terjadi dengan Brexit perlu menjadi pembelajaran buat kita. Kita memang harus bekerja keras agar rakyat ASEAN merasakan manfaat dari keberadaan ASEAN.

Presiden Joko widodo berharap ASEAN akan terus berkembang menjadi episentrum pertumbuhan ekonomi dunia. Karena berdasarkan data World Economic Forum, ASEAN merupakan kekuatan ekonomi terbesar ke-6 di dunia, dan pada tahun 2020 akan menjadi kekuatan ekonomi kelima terbesar di dunia. Kemudian, pada tahun 2030 ASEAN akan tumbuh menjadi pasar keempat terbesar di dunia setelah Uni Eropa, Amerika Serikat dan Republik Rakyat Ttiongkok. Peringatan 50 tahun ASEAN dihadiri oleh Sekretaris Jenderal ASEAN, Le Luong Minh, perwakilan negara anggota ASEAN dan sejumlah menteri. (VOI)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00