• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Berita Hari Ini

Resmikan Museum Keris, Presiden Ajak Generasi Muda Untuk Melestarikan Budaya Indonesia

10 August
14:21 2017
0 Votes (0)

VOI BERITA Presiden Joko Widodo meresmikan Museum Keris Nusantara, Rabu di Surakarta Jawa Tengah. Dalam sambutannya Presiden mengatakan pembangunan museum keris sejatinya dimaksudkan untuk mengingatkan generasi muda saat ini akan budaya bangsa Indonesia. Ia mengatakan keris merupakan warisan budaya bangsa yang memiliki nilai filosofi tinggi yang sepatutnya tidak ditinggalkan oleh generasi muda. Pelestarian keris sebagai budaya bangsa Indonesia, menurut Presiden, bukan hanya untuk menikmati hasil karya para Empu keris tetapi juga meresapi makna filosofis yang dikandung oleh keris tersebut.  Presiden mengatakan keberadaan Museum Keris Nusantara merupakan bentuk penghargaan terhadap seni budaya sekaligus menjadi sumber inspirasi akan tingginya nilai dimiliki oleh bangsa Indonesia.

‘’Kita bukan hanya akan bisa menyaksikan keindahan hasil karya para Empu keris di masa lalu, tetapi juga bisa meresapi filosofi dari setiap keris yang dihasilkan. Kita harus ingat bahwa museum dan sejarah adalah jendela kita dalam menatap masa lalu untuk melangkah optimis menyongsong masa depan dan saya harap museum keris Nusantara ini bisa menjadi wujud penghargaan kita terhadap seni budaya sekaligus sumber inspirasi

Museum Keris Nusantara berdiri atas prakarsa Presiden Joko Widodo saat masih menjabat walikota Surakarta. Berdirinya museum ini dilandasi atas pengukuhan keris Indonesia sebagai warisan budaya dunia oleh UNESCO pada tahun 2005. Walikota Surakarta FX. Rudiyatmo menjelaskan, Museum Keris Nusantara saat ini memiliki 409 koleksi keris dan senjata tradisional lainnya. Dari total koleksi keris dan senjata tradisional yang ada di Museum Keris Nusantara, 348 buah dikumpulkan dari seluruh wilayah di Indonesia sementara 61 buah senjata tradisional di museum tersebut merupakan titipan dari beberapa kolektor senjata tradisional Indonesia. (Ndy)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00