• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Hari Ini Dalam Sejarah

Hari Ini Dalam Sejarah

10 August
13:47 2017
0 Votes (0)

VOI HDS Saudara, jumpa lagi dalam acara Hari Ini dalam Sejarah dari RRI World Service Voice of Indonesia.

Kami awali dengan Peristiwa yang terjadi pada 10 Agustus 1937- Perang Jepang melawan Tiongkok. 
Tanggal 10 Agustus tahun 1937, terjadi perang dua tahun antara Jepang dan Cina dalam memperebutkan Kanton dan Shanghai, dua kawasan penting di Cina. Kanton adalah pelabuhan penting dan strategis di selatan Cina. Rakyat Cina berjuang keras mempertahankan wilayahnya tersebut, namun setelah jatuh korban yang amat banyak, pada tanggal 25 April 1939, pasukan Cina menyerah dan Kanton direbut oleh Jepang. Dengan dimulainya Perang Dunia Kedua, Jepang menduduki kawasan luas di Cina. Namun, rakyat Cina melakukan perlawanan gigih sehingga akhirnya Jepang menarik mundur pasukannya.

Beralih ke peristiwa 10 Agustus 1973-Presiden Soeharto meresmikan dimulainya pemugaran kedua Candi Borobudur. Candi Borobudur adalah sebuah candi Buddha yang terletak di Borobudur, Magelang, Jawa Tengah. Lokasi candi berada kurang lebih 100 kilometer di sebelah barat daya Semarang dan 40 kilometer di sebelah barat laut Yogyakarta. Candi itu didirikan para penganut agama Buddha Mahayana sekitar 800-an Masehi pada masa pemerintahan Wangsa Syailedra. Candi Borobudur sudah mengalami beberapa kali pemugaran. Pertama kali dipugar pada pada tahun 1907 hingga 1911 oleh Van Erp untuk memperbaiki dan mengembalikan bagian arupadatu dan stupa induk. Kemudian pada tanggal 10 Agustus 1973 Presiden Soeharto meresmikan dimulainya pemugaran kedua Candi Borobudur. Pemugaran candi Borobudur melibatkan lebih dari 600 pekerja. Proyek pemugaran terbesar digelar pada kurun 1975 hingga 1982 atas upaya Pemerintah Republik Indonesia dan UNESCO. Bangunan Candi yang di pugar adalah bangunan rupadhatu yaitu empat tingkat dari bawah yang berbentuk bujur sangkar. Kegiatan ini memakan waktu 10 tahun. Dan pada tanggal 23 Februari 1983 pemugaran Candi Borobudur dinyatakan selesai dengan diresmikan oleh Presiden Soeharto dengan ditandai penandatangan prasasti. Setelah renovasi, UNESCO memasukkan Borobudur ke dalam daftar Situs Warisan Dunia pada tahun 1991.

Kami akhiri dengan pada tanggal 10 Agustus 1995-Pesawat Gatotkaca N-250 sebagai hasil produksi PT. Industri Pesawat Terbang Nusantara untuk pertama kalinya melaksanakan uji terbang.
Peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional berawal saat Bangsa Indonesia berhasil melaksanakan uji terbang pesawat Gatotkaca N-250 untuk pertama kalinya sebagai hasil produksi PT. Industri Pesawat Terbang Nusantara ( sekarang PT. Dirgantara Indonesia) pada tanggal 10 Agustus 1995. Keberhasilan tersebut merupakan bukti nyata prestasi putera-puteri bangsa Indonesia yang membanggakan dalam upaya mengembangkan, menerapkan serta menguasai ilmu pengetahuan teknologi khususnya di bidang kedirgantaraan. Oleh karena itu, sesuai dengan keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 71 Tahun 1995, tanggal 10 Agustus ditetapkannya sebagai Hari Kebangkitan Teknologi Nasional. Saudara, sekian hari ini dalam sejarah kali ini dari RRI World Service di Jakarta.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00