• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Warna Warni

Hari Kebangkitan Teknologi Nasional

10 August
09:21 2017
0 Votes (0)

VOI WARNA WARNI Dalam edisi Warna Warni kali ini saya sajikan informasi mengenai Hari Kebangkitan Teknologi Nasional. Pastikan Anda tetap bersama kami di www.voi.co.id.

10 Agustus setiap tahunnya diperingati sebagai Hari Kebangkitan Teknologi Nasional atau dikenal juga sebagai Harteknas. Harteknas merupakan tonggak sejarah kebangkitan teknologi di Indonesia, yang diawali dengan penerbangan perdana  pesawat terbang  N-250 Gatotkaca pada tanggal 10 Agustus 1995 di Bandung. Hasil karya anak bangsa ini menjadi bukti bahwa Indonesia telah berhasil mengembangkan jiwa Ilmu pengetahuan dan teknologi yang inovatif yang kemudian menghasilkan produk inovasi nasional yang membanggakan sampai ranah Internasional. Peristiwa bersejarah pada 10 Agustus 1995 tersebut awalnya ditujukan sebagai kado Ulang Tahun Emas Kemerdekaan ke-50 Indonesia.
Namun, dalam perjalanannya, karena respons politik dan dukungan masyarakat yang cukup besar, maka 10 Agustus dijadikan sebagai tonggak penting perjalanan
Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Bangsa Indonesia. Presiden Republik Indonesia melalui Keppres Nomor 71 Tahun 1995 menetapkan 10 Agustus sebagai Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas).

Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel), ditunjuk menjadi tuan rumah peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) ke-22 pada 10 Agustus 2017. Makasar dipilih sebagai tuan rumah, karena Makassar dinilai menjadi salah satu daerah yang memiliki potensi cukup besar dari segi pertanian, perikanan, perkebunan, pertambangan, dan pariwisata. Haktenas 2017 dipusatkan di Centre Point of Indonesia (CPI) dengan mengangkat tema "Pembangunan Maritim Berbasis Inovasi". Kegiatan tersebut dihadiri oleh Presiden Joko Widodo dan Bapak Teknologi Indonesia, BJ Habibie.

Dipilihnya Centre Point of Indonesia (CPI) sebagai lokasi Hari Kebangkitan Teknologi Nasional, karena lokasi CPI yang berada di tengah laut. Hal itu sesuai dengan tema maritim dan mempermudah segala bentuk produk yang akan dipamerkan. Di antaranya yakni kapal cepat, kapal dan panser amphibi, kapal rakyat yang telah dilengkapi teknologi dan kapal nelayan yang dilengkapi GPS. Seluruh produk yang dipamerkan merupakan inovasi karya anak bangsa yang sudah diujicobakan. Selain pameran produk inovasi kemaritiman, juga dipamerkan mengenai inovasi di bidang pertanian. Sebut saja bibit dan pupuk untuk menanam padi yang bisa melipat gandakan produksi. Inovasi tersebut telah dilakukan oleh Thailand yang membuat mereka tak pernah impor beras karena selalu surplus.  Demikian edisi Warna Warni kali ini dengan tema Hari Kebangkitan Teknologi Nasional. Kita jumpa lagi dalam edisi Warna-Warni berikutnya dengan tema-tema menarik lainnya. // Dora

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00