• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Komentar Voice Of Indonesia

Kenya Menyelenggarakan Pemilu

9 August
13:45 2017
0 Votes (0)

Selasa, 8 Agustus Kenya menyelenggarakan Pemilihan Presiden, Anggota Parlemen dan Gubernur. Dalam pemilihan Presiden kali ini,  dua orang yang sudah pernah bertarung di pemilihan tahun 2007, bertemu kembali. Uhuru Kenyatta, dari partai Jubilee, presiden petahana menghadapi Raila Odinga yang mewakili NASA (National Super Alliance). Kedua orang ini cukup dikenal di kalangan rakyat Kenya yang berjumlah sekitar  50 juta orang. Uhuru Kenyatta adalah putra presiden pertama Kenya, Jomo Kenyatta. Sedangkan Raila Odinga adalah putra dari Jaramogi Odinga, wakil presiden pertama negeri di belahan Timur Afrika itu. Tidak kurang dari mantan Presiden AS Barrack Obama yang ayah kandungnya berasal dari Kenya, menyerukan pemilu damai di Kenya tahun 2017.

Tahun 2013, pemilihan yang diikuti mereka berdua berjalan aman dan damai sampai pada waktu penghitungan suara. Server yang dikelola oleh Independent Electoral and Boundaries Commission (IEBC), lembaga pemilihan umum Kenya, tiba-tiba bermasalah sehingga penghitungan suara secara elektronik tidak dapat dilaksanakan. Perhitungan pun dilakukan secara manual. Hasilnya, Uhuru Kenyatta dinyatakan menang dengan raihan 50,51% suara dan mendapat 25% suara di 33 county  (setingkat propinsi). Odinga mendapat 43,7% suara dan 25% suara di 30 county. Sisanya didapatkan Musalia Mudavadi.

Kerusuhan terjadi setelah penghitungan suara. Data resmi menyebut sejumlah 1500 orang tewas. Tetapi sumber tidak resmi menyebutkan korban 2-3 kali lipat. Itu bukan kali pertama Kenya terlibat kerusuhan pasca pemilu. Pemilu sebelumnya tahun 2007 berakhir dengan sengketa selama dua bulan. Kekerasan juga terjadi saat itu dan menewaskan lebih dari 1000 orang. Perwakilan Indonesia di Kenya mengingatkan WNI untuk waspada dan berlindung di kantor perwakilan.

Diharapkan Pemilihan Umum kali ini berjalan damai meskipun sempat terjadi ketegangan pasca pembunuhan seorang pejabat IEBC. Kenya hendaknya tidak terjerembab dalam kerusuhan seperti dua pemilu sebelumnya. Siapapun yang menjadi Presiden harus mampu  memimpin seluruh rakyat Kenya. 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00