• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Komentar Voice Of Indonesia

50 Tahun ASEAN

8 August
13:10 2017
0 Votes (0)

VOI KOMENTAR Tanggal  8 Agustus setiap tahunnya diperingati sebagai  hari lahirnya Perhimpunan Bangsa-bangsa Asia Tenggara atau Association of SouthEast Asian nations-ASEAN.  Sebuah organisasi geopolitik dan ekonomi negara-negara di kawasan Asia Tenggara yang  didirikan di Bangkok pada 8 Agustus 1967 melalui  Deklarasi Bangkok oleh Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, dan Thailand. Organisasi ini bertujuan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi, kemajuan social dan pegembangan kebudayaan, serta menciptakan perdamaian dan stabilitas di tingkat regional. Di samping meningkatkan kesempatan untuk membahas perbedaan diantara anggotanya dengan damai.  

Tahun ini merupakan perayaan ke 50  berdirinya ASEAN. Dalam kurun waktu setengah abad ASEAN telah berhasil menciptakan perdamaian, stabilitas serta kemakmuran di kawasan yang merupakan suatu keberhasilan, jika dibandingkan dengan kawasan lainnya.

Dalam sesi pleno ASEAN Foreign Ministers’ Meeting yang membahas ASEAN community building, di Manila, Filipina, pada 5 Agustus , Menteri Luar Negeri Republik Indonesia  mengatakan selama 50 tahun ASEAN telah membuktikan diri sebagai motor perdamaian dan stabilitas kawasan di tengah keraguan multilateralisme dan regionalisme. Keberhasilan ASEAN tersebut telah mencegah terjadinya konflik terbuka, memicu pembangunan ekonomi dan kesejahteraan kawasan yang menjadikan ASEAN sebagai mesin pertumbuhan kawasan dan dunia.  

Keberhasilan yang dicapai tentu harus ditingkatkan. Untuk itu kesatuan dan sentralitas ASEAN harus tetap dijaga dan diperkuat.  Kerjasama  regional dan sub regional harus dipererat untuk menghadapi segala tantangan dari ancaman terorisme dan kejahtan transnasional.

Disamping itu, hal penting lain  adalah bagaimana Indonesia berperan serta secara aktif mengajak negara negara yang berada di bawah naungan ASEAN mewujudkan kesejahteraan bagi masyarakat, saling terkoneksi satu sama lain, saling pengertian dan saling terbuka, serta dapat menjaga keamanan di kawasan ASEAN. Indonesia  sebagai negara terbesar di ASEAN, dengan kemampuan dapat memimpin dan mengawal ASEAN, agar keberhasilan yang telah dicapai dapat dirasakan oleh seluruh rakyat ASEAN.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00