• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Hari Ini Dalam Sejarah

Hari Ini Dalam Sejarah

8 August
13:07 2017
0 Votes (0)

VOI HDS Saudara pendengar, inilah Hari ini dalam sejarah dari Suara Indonesia. Kami mulai dengan peristiwa yang terjadi pada 8 Agustus  1945 -Stalin mengumumkan Perang dengan Jepang. 8 Agustus tahun 1945, Stalin, pemimpin Uni Soviet mengumumkan perang terhadap Jepang. Pasukan Soviet kemudian menyerang Manchuria, yang terletak di timur Cina pada 9 Agustus 1945. Soviet dan Jepang sebelumnya telah menandatangani perjanjian non-agresi. Namun, setelah Amerika mengebom Hiroshima dan Jepang sedang bersiap untuk menyerah, Soviet menggunakan kesempatan tersebut untuk merebut beberapa wilayah kekuasaan Jepang. Tentara Soviet dalam akhir serangannya itu berhasil merebut Korea Utara dan kepulauan Coral. Hingga kini, kepulauan Coral masih dikuasai Rusia dan perundingan antara Rusia dan Jepang mengenai nasib kepulauan ini hingga kini masih belum mencapai hasilnya.

Kami lanjutkan dengan berdirinya Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara ASEAN pada 8 Agustus 1967. Perhimpunan Bangsa-bangsa Asia Tenggara atau lebih populer dengan sebutan Association of Southeast Asian Nations (ASEAN) merupakan sebuah organisasi geo-politik dan ekonomi dari negara-negara di kawasan Asia Tenggara, yang didirikan di Bangkok, 8 Agustus 1967 berdasarkan Deklarasi Bangkok oleh Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, dan Thailand. Organisasi ini bertujuan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi, kemajuan sosial, dan pengembangan kebudayaan negara-negara anggotanya, memajukan perdamaian dan stabilitas di tingkat regionalnya, serta meningkatkan kesempatan untuk membahas perbedaan di antara anggotanya dengan damai. Brunei Darussalam menjadi anggota pertama ASEAN di luar lima negara pemrakarsa pada 1984. Sebelas tahun kemudian, yaitu pada 1995, ASEAN kembali menerima anggota baru, yaitu Vietnam. Dua tahun kemudian, Laos dan Myanmar menyusul masuk menjadi anggota ASEAN, disusul oleh Kamboja hingga anggota ASEAN saat ini berjumlah 10 negara.  ASEAN meliputi wilayah daratan seluas 4.46 juta km² atau setara dengan 3% total luas daratan di Bumi, dan memiliki populasi yang mendekati angka 600 juta orang atau setara dengan 8.8% total populasi dunia. Luas wilayah laut ASEAN tiga kali lipat dari luas wilayah daratan. 

Kami akhiri Hari Ini Dalam Sejarah dengan  peristiwa 8 Agustus 1990- Indonesia dan Tiongkok menandatangani Memorandum of Understanding tentang normalisasi hubungan diplomatik.
Hubungan Indonesia dan Tionngkok telah melewati pasang-surut dan dinamika sosial dan politik yang terjadi di kedua negara. Sejarah mencatat bahwa atas undangan Presiden Soekarno, Perdana Menteri Tiongkok, Zhou Enlai menghadiri Konferensi Asia Afrika tahun 1955 yang kemudian melahirkan Dasasila Bandung, prinsip-prinsip yang telah mendorong perjuangan bangsa-bangsa terjajah untuk merebut kemerdekaan.
Hubungan kedua negara juga pernah mencapai titik terendah yang ditandai dengan pembekuan hubungan diplomatik pada tahun 1967. Hubungan tersebut mencapai titik balik dengan dimulainya normalisasi hubungan pada 8 Agustus 1990 melalui penandatanganan MoU on the Resumption of Diplomatic Relations oleh Menteri luar negeri RI Ali Alatas dan Menteri luar negeri Tiongkok, Qian Qichen di Jakarta. Dengan normalisasi tersebut, Indonesia dan Tiongkok memasuki tahapan baru dalam kerjasama bilateral yang ditandai antara lain dengan saling kunjung para pejabat pemerintah dan masyarakat kedua negara. Saudara, demikian Hari Ini Dalam Sejarah.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00