• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Warna Warni

Hari Ulang Tahun Asean

8 August
10:37 2017
0 Votes (0)

VOI WARNA WARNI Dalam edisi Warna Warni kali ini saya sajikan informasi mengenai Hari Ulang Tahun Asean. Pastikan Anda tetap bersama kami di www.voi.co.id.

8 Agustus setiap tahunnya diperingati sebagai Hari Ulang Tahun Asean atau Asean Day. Association of Southeast Asia Nation (ASEAN) merupakan sebuah organisasi geo-politik dan ekonomi dari negara-negara di kawasan Asia Tenggara. Didirikan di Bangkok, 8 Agustus 1967 berdasarkan Deklarasi Bangkok oleh Indonesia, Malaysia, Filipina, Thailand dan Singapura, ASEAN bertujuan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi, kemajuan sosial, dan pengembangan kebudayaan negara-negara anggotanya, memajukan perdamaian dan stabilitas di tingkat regionalnya, serta meningkatkan kesempatan untuk membahas perbedaan di antara anggotanya dengan damai. Tahun ini, masyarakat Asean memperingati Hari Ulang Tahun Asean ke-50.

menurut Menteri Luar Negeri Republik Indonesia, Retno LP Marsudi, dalam 50 tahun ini ASEAN mampu menciptakan ekosistem perdamaian. Bukan saja perdamaian yang dinikmati oleh sepuluh negara anggota ASEAN, melainkan juga dinikmati oleh hampir separuh penduduk dunia yang tinggal di wilayah sekitar Asia Tenggara. Kemudian ekosistem perdamaian dan stabilitas yang diciptakan ASEAN telah memacu pertumbuhan ekonomi negara anggota lebih baik daripada rata-rata pertumbuhan dunia. Data Organisasi untuk Kerja Sama Ekonomi dan Pembangunan (OECD) menyebutkan bahwa Indonesia mengalami pertumbuhan ekonomi 5,2 persen, Filipina 6 persen, Kamboja 7,1 persen, Laos 7 persen, Myanmar 8,2 persen, dan Vietnam 5,9 persen, di atas rata-rata dunia sebesar 3,1 persen (Dana Moneter Internasional, Januari 2017).

Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ke-50 ASEAN, Kementerian Luar Negeri merencanakan serangkaian kegiatan sebagai upaya pemasyarakatan ASEAN dan penguatan masyarakat ASEAN. Diharapkan dalam peringatan tahun ini,  seluruh kementerian/lembaga, Kepala Daerah dan instansi Pemerintah seluru Indonesia, untuk turut berpartisipasi aktif menyamarakkan peringatan ulang tahun ke 50 ASEAN melalui penyelenggaraan berbagai kegiatan yang melibatkan dan memberi manfaat bagi masyarakat luas dan dukungan atas berbagai kegiatan peringatan Hut ASEAN ke 50. Berbagai kegiatan yang digelar dalam rangka memperingati HUT ASEAN, meliputi; Parade ASEAN ke 50, Pemilihan Duta Muda ASEAN, Lomba Esay ASEAN, Workshop Penggunaan Frust Fund ASEAN, ASEAN Regional Youth Conference on Peace and Tolerance, Ambasadors Run, International Conference on ASEAN SMEs-kerjasama dengan Jakarta Post, ASEAN untuk Rakyat,Pameran UMKM, Sosial Media Campaign melalui ASEAN photo Contest dan Video Blog, ASEAN Korean Festival, ASEAN Youth Sociopreneur, Simposium 50 Tahun ASEAN, Wawancara dan publikasi media di Metro TV, CNN Indonesia, RCTI dan SCTV, dan Pemutaran video ASEAN di Garuda Indonesia In Flight Entertaint, TV Bandara, Commuter Line dan Video trone Pemda DKI Jakarta. Untuk tempat dan waktu pelaksanaannya, Kementerian Luar negeri menetapkan beberapa daerah seperti, Jakarta, Jombang, Surabaya, Pekanbaru, dan Bogor.Demikian edisi Warna Warni kali ini dengan tema Hari Ulang Tahun ASEAN. Kita jumpa lagi dalam edisi Warna-Warni berikutnya dengan tema-tema menarik lainnya.// Dora

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00