• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Pesona Indonesia

Sambal Rusip

8 August
10:34 2017
0 Votes (0)

VOI PESONA INDONESIA Berjumpa lagi dalam Pesona Indonesia. Hari ini kami akan mengajak anda berwisata kuliner ke provinsi Bangka Belitung. Jadi tetaplah bersama kami di RRI World Service Voice of Indonesia. Selain melalui gelombang pendek, anda juga dapat mendengarkan siaran kami melalui www.voi.co.id.

Bagi sebagian besar masyarakat Indonesia,  rasanya kurang lengkap jika makan tanpa sambal. Karenanya Sambal sering hadir dalam setiap sajian makanan masyarakat Indonesia. Dan Tiap-tiap daerah di Indonesia ternyata punya kekhasan sambal masing-masing. Mulai dari Aceh hingga Papua, masing-masing daerah memiliki kekhasan tersendiri dalam pembuatan maupun rasa sambal. Begitu pula dengan masyarakat Kepulauan Bangka Belitung. Terletak di bagian timur Pulau Sumatera dan wilayahnya berupa kepulauan, tak heran jika kuliner khas dari Bangka Belitung didominasi hidangan laut. Hal tersebut berimbas pula pada sambal khas Bangka Belitung yang terbuat dari hasil tangkapan nelayan.

Rusip terbuat dari fermentasi ikan teri atau ikan bilis (Clupeoides borneensis). Rusip difermentasi bersama gula merah, air kerak nasi, garam, dan juga jeruk kunci. Ikan bilis merupakan ikan laut hasil tangkapan nelayan di Bangka. Setelah ikan difermentasi dan mengeluarkan bau asam, kemudian diolah bersama bawang dan cabai. Proses pengawetan ini minimal dilakukan selama tujuh hari. Warnanya keruh, baunya menyengat, dan potongan daging-daging ikan yang halus.

ada dua pilihan cara menikmati rusip. Pertama, hasil fermentasi ikan, kemudian dimasak lagi dengan potongan bawang merah dan cabai atau langsung dimakan begitu saja sebagai cocolan. Saat hendak mencicipi kuliner ini, tercium aroma ikan yang kuat. Ketika dinikmati, rasa asam ikan dan jeruk akan bertemu dengan rasa bawang yang khas serta pedasnya cabai. Rusip sangat cocok untuk dinikmati bersama nasi, atau juga bisa ubi atau singkong goreng. Kuliner ini bertambah lezat, jika disantap bersama sayur-mayur seperti selada, mentimun, dan terong. Rusip bisa dimakan untuk sarapan pagi, makan siang atau makan malam.

selain nikmat, Rusip juga punya manfaat baik untuk tubuh. Dipercaya Rusip mengandung asam amino yang tinggi dan asam laktat yang tinggi sehingga berguna untuk pencernaan dan membuat awet muda.Selain itu, kuliner ini juga dipercaya memberikan dampak pada penurunan kolesterol. Hal ini terjadi karena bakteri asam laktat yang dihasilkan saat proses fermentasi terbukti dapat memperbaiki kadaan profil lipid darah bagi penderita hiperkolesterolemi. Belum lagi kandungan kalsium yang merupakan kandungan terbesar pada ikan teri yang berperan membantu menurunkan kadar kolesterol darah. Kuliner khas Bangka Belitung ini

bisa anda nikmati langsung di rumah-rumah makan di Bangka. Jika anda suka, anda pun bisa membelinya sebagai oleh-oleh. Anda bisa menemukan Rusip di toko oleh-oleh ataupun di pasar tradisional dalam kemasan botol. Satu botol rusip dihargai sebesar 25 ribu Rupiah atau sekitar 2 Dolar AS. Rusip kemasan botol bisa bertahan hingga berbulan-bulan, bahkan setahun.demikianlah edisi Pesona Indonesia kali ini, dengan topik Sambal Rusip. Kita akan berjumpa kembali esok dengan topik-topik menarik lainnya.// Dora 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00