• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Hari Ini Dalam Sejarah

Hari Ini Dalam Sejarah

7 August
13:19 2017
0 Votes (0)

07 Agustus 1945, BPUPKI Berganti Nama Menjadi Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia ( PPKI )  

Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) adalah sebuah badan yang dibentuk oleh pemerintah pendudukan balatentara Jepang pada tanggal 1 Maret 1945 bertepatan dengan hari ulang tahun Kaisar Hirohito. Badan ini dibentuk sebagai upaya mendapatkan dukungan dari bangsa Indonesia dengan menjanjikan bahwa Jepang akan membantu proses kemerdekaan Indonesia. BPUPKI beranggotakan 62 orang yang diketuai oleh Dr. Kanjeng Raden Tumenggung Radjiman Wedyodiningrat dengan wakil ketua Ichibangase Yosio (orang Jepang) dan Raden Pandji Soeroso. Di luar anggota BPUPKI, dibentuk sebuah Badan Tata Usaha (semacam sekretariat) yang beranggotakan 60 orang. Badan Tata Usaha ini dipimpin oleh Raden Pandji Soeroso dengan wakil Mr. Abdoel Gafar Pringgodigdo dan Masuda Toyohiko (orang Jepang). Tugas dari BPUPKI sendiri adalah mempelajari dan menyelidiki hal-hal yang berkaitan dengan aspek-aspek politik, ekonomi, tata pemerintahan, dan hal-hal yang diperlukan dalam usaha pembentukan negara Indonesia merdeka. Pada tanggal 7 Agustus 1945, Jepang membubarkan BPUPKI dan kemudian membentuk Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) dengan anggota berjumlah 21 orang, sebagai upaya untuk mencerminkan perwakilan dari berbagai etnis di wilayah Hindia Belanda.Selama BPUPKI berdiri, telah diadakan dua kali masa persidangan resmi BPUPKI, dan juga adanya pertemuan-pertemuan yang tak resmi oleh panitia kecil di bawah BPUPKI.

07 Agustus 1965  Singapura keluar dari Federasi Malaysia.

Pada awalnya Singapura merupakan kampung nelayan yang dihuni suku Melayu.Berdasarkan legenda suku Melayu, nama tersebut diberikan Sang Nila Utama, pangeran dari Sumatera, pada awal abad ke-14. Negara itu pernah menjadi jajahan Inggris dan Jepang.Dari abad ke-19 hingga ke-20, Singapura merupakan jajahan Inggris dan menjadi salah satu anggota Negeri-Negeri Selat bersama Pulau Penang dan Malaka. Singapura berada di bawah penjajahan Jepang pada 1942 sampai 1945, yaitu saat Inggris kalah pada Perang Dunia II.Singapura dikembalikan kepada Kerajaan Inggris pada akhir Perang Dunia. Pada 1959, Singapura diberi hak oleh Inggris untuk memerintah sendiri.Pada September 1963, Singapura berbentuk kesatuan dengan Persekutuan Malaysia. Akan tetapi, persekutuan itu terpecah dan Singapura dikeluarkan pada 7 Agustus 1965.Penyebabnya ialah konflik antara Partai United Malays National Organisation dari Malaysia dan Partai Aksi Rakyat Singapura pimpinan Lee Kuan Yew.Pada 9 Agustus 1965, Singapura merdeka dan berdiri sebagai negara republik.

7 Agustus 1994, Berdirinya Aliansi Jurnalis Independen (AJI).

Aliansi Jurnalis Independen (AJI) lahir sebagai perlawanan komunitas pers Indonesia terhadap kesewenang-wenangan rejim Orde Baru.Mulanya adalah pembredelan Detik, Editor dan Tempo,  pada 21 Juni 1994.Ketiganya dibubarkan  karena pemberitaannya yang tergolong kritis kepada penguasa.Tindakan represif inilah yang memicu aksi solidaritas sekaligus perlawanan dari banyak kalangan secara merata di sejumlah kota.Setelah itu, gerakan perlawanan terus mengkristal.Akhirnya, sekitar 100 orang yang terdiri dari jurnalis dan kolumnis muda Indonesia berkumpul di Sirnagalih, Bogor, Jawa barat, 7 Agustus 1994.Pada hari itulah mereka menandatangani Deklarasi Sirnagalih.Inti deklarasi ini adalah menuntut dipenuhinya hak publik atas informasi, menentang pengekangan pers, menolak wadah tunggal untuk jurnalis, serta mengumumkan berdirinya AJI.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00