• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Fokus

Menteri Perdagangan Jamin Kualitas Minyak Sawit Indonesia

7 August
13:15 2017
0 Votes (0)

VOI FOKUS Menteri Perdagangan Republik Indonesia Enggartiasto Lukita di hadapan para pengusaha Rusia menjamin kualitas minyak kelapa sawit dari Indonesia adalah yang terbaik di dunia.  Hal tersebut dikatakan  Enggartiasto  Lukita saat membuka Forum Bisnis Kelapa Sawit Indonesia-Rusia di Moskow, Rusia, Kamis lalu (3/8). Forum Bisnis tersebut  merupakan rangkaian dari acara Festival Indonesia Ke dua  yang diselenggarakan Kedutaan Besar Republik Indonesia di Moskow pada tanggal 4 - 6 Agustus 2017, untuk mempromosikan berbagai produk barang dan jasa serta pariwisata Indonesia di Rusia. Pada pertemuan itu  juga dibentuk Asosiasi Minyak Sawit Indonesia-Rusia.

Mengutip keterangan pers Kementerian Perdagangan, Enggartiasto  Lukita mengungkapkan salah satu isu yang dihembuskan oleh pesaing di pasar Rusia adalah bahwa minyak kelapa sawit Indonesia tidak  baik untuk kesehatan dan tidak bersih. Dalam kesempatan itu ia menegaskan kepada peserta forum bahwa  Indonesia adalah produsen kelapa sawit terbesar di dunia.  Ia menambahkan karenanya, pemerintah dan pelaku usaha memiliki komitmen untuk menjaga kualitas minyak kelapa sawit Indonesia.

Menteri Perdagangan juga menyakinkan bahwa keberatan Uni Eropa terhadap kelapa sawit Indonesia, sebenarnya adalah soal persaingan perdagangan, karena produk Indonesia sangat kompetitif.  
Enggartiasto memastikan bahwa tidak ada risiko kesehatan sedikit pun atas kualitas minyak kelapa sawit Indonesia, begitu juga tak ada khawatiran dalam menjaga lingkungan hidup dalam pengelolaan industri sawit. Ia mengundang pengusaha Rusia untuk datang ke Indonesia untuk membuktikan dan melihat pengelolaan kelapa sawit di Indonesia.

Dalam forum bisnis tersebut juga dilakukan kerja sama yang dituangkan dalam Memorandum of Cooperation(MoC) antara Dewan Minyak Sawit Indonesia dengan Pengusaha Minyak Sawit Rusia. Seperti dilaporkankontan.co.id  Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita memandang kerja sama ini penting khususnya untuk meningkatkan perdagangan kedua negara terutama untuk Indonesia. Menurutnya, hal ini dapat memperluas promosi dan diseminasi informasi produk minyak sawit Indonesia di Rusia.

Menanggapi kerja sama antara kedua negara ini, Direktur Eksekutif Gabungan Industri Minyak Nabati Indonesia, Sahat Sinaga, yang juga merupakan salah satu inisiator Memorandum kerjasama itu  optimistis kerja sama ini dapat meningkatkan perdagangan sawit Indonesia.  Menurutnya perdagangan minyak sawit Indonesia dapat meningkat dua kali lipat dalam satu sampai dua tahun ke depan,.

Menurut catatan Dewan Minyak Sawit Indonesia produksi sawit pada Januari hanya 2,8 juta ton, namun sepanjang Mei 2017 lalu, produksi minyak sawit mencapai 3,3 juta ton.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00