• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Pesona Indonesia

Pulau Sangiang, Banten

7 August
10:38 2017
0 Votes (0)

VOI PESONA INDONESIA Sangiang adalah sebuah pulau kecil yang terletak di Selat Sunda, yakni antara pulau Jawa dan Sumatra. Secara administratif, pulau ini termasuk dalam wilayah Kabupaten Serang, Banten. Pulau Sangiang menawarkan banyak keindahan wisata bahari di Banten. Pulau dengan luas sekitar 720 hektar ini punya beberapa pantai dengan ekosistem bawah laut yang memukau. Karenanya, tak heran, jika ia dijuluki sebagai Seven Wonders of Banten.

Jika anda ingin berwisata ke Sangiang, anda dapat menempuh perjalanan dari Jakarta menuju ke kota Cilegon. Dari Cilegon dilanjutkan menuju ke Anyer. Waktu perjalanan yang diperlukan kira-kira 3 jam jika melewati jalan tol. Setelah itu, perjalanan masih dilanjutkan dengan jasa perahu penyeberangan menuju ke Pulau Sangiang dari Pantai Manuk, di Anyer. Waktu perjalanan yang dibutuhkan sekitar 1 jam dari Pantai Manuk untuk sampai di Pulau Sangiang. Setibanya di pulau ini, anda akan merasakan udara yang sejuk dan segar, karena pulau Sangiang ditumbuhi pepohonan yang hijau dan rindang. Sangiang juga punya hamparan pasir berwarna putih bersih dan air laut yang sangat jernih.

Dengan hamparan pasir putih yang bersih, anda dapat melakukan berbagai aktivitas di tepi pantai pulau Sangiang, seperti aktivitas olahraga air dan bersantai di tepi pantai. Bagi pengunjung yang memiliki minat scuba diving, snorkling, berjemur, memancing, berperahu, serta melihat keindahan terumbu karang dan taman laut dengan glass bottom boat, dapat mengunjungi kawasan Tanjung Raden, Legon Waru, dan perairan laut selatan yang terdapat di dalam Pulau Sangiang.

Selain menikmati wisata bahari, anda juga bisa menikmati wisata sejarah di sini. Anda dapat mendatangi kawasan di sekitar Pos TNI Angkatan Laut. Di sana, anda masih dapat menyaksikan sisa-sisa peninggalan perang dunia ke dua, seperti meriam dan benteng pertahanan tentara Jepang dari serbuan tentara Sekutu. Menurut cerita warga lokal, dahulu pada masa penjajahan, pulau ini merupakan tempat untuk menimbun harta karun kekayaan Indonesia untuk kemudian diangkut dengan kapal-kapal ke negara asal penjajah. ( Ihsan ) 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00