• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Pesona Indonesia

Pulau Selayar,Sulawsei Selatan

6 August
12:46 2017
0 Votes (0)

VOI PESONA INDONESIA Berjumpa lagi dalam Pesona Indonesia. Hari ini kami akan memperkenalkan kepada anda   Pulau Selayar, di provinsi Sulawesi Selatan. Sulawesi Selatan memang memiliki kekayaan laut yang tidak sedikit. Tidak hanya hasil lautnya yang berlimpah tetapi juga ada pesona lain yang bisa anda kunjungi ketika berada di Sulawesi selatan, yaitu Pulau Selayar. Pulau Selayar  merupakan pulau kecil yang berada di Kabupaten Selayar, Provinsi Sulawesi Selatan. Ibukota Kabupaten Selayar adalah Kota Benteng. Perjalanan menuju Pulau Selayar  memerlukan waktu sekitar 10 jam dari Kota Makasar.

di Pulau Selayar, anda juga bisa melihat  beberapa benda bersejarah yang unik seperti, jangkar raksasa yang terdapat di  Pantai Padang. Jangkar ini merupakan  jangkar kapal besar asal Cina  yang pernah  singgah di pulau ini. Ada pula benda bersejarah lainnya yaitu Nekara yang berasal dari  zaman perunggu. Nekara ini berbentuk seperti gong dengan gambar bintang, gajah, pohon kelapa, ikan, katak, burung bangau dan burung merak di sekelilingnya.

di Pulau Selayar anda juga dapat melihat kehidupan dan kebudayaan masyarakat di Pantai Padang. Di sini anda dapat melihat  perkampungan nelayan dengan berbagai aktivitasnya, mulai dari persiapan melaut dengan berbagai perlengkapan untuk menangkap ikan sampai bagaimana mereka mengolah ikan dari hasil melaut. Di Pulau Selayar anda juga dapat melihat keunikan yang terdapat di Perkampungan  Toa Bitombang yang merupakan perkampungan tertua di Pulau Selayar ini. Keunikan dari perkampungan ini adalah rumah-rumah beratap bambu dengan penopang  kayu yang tinggi, sehingga rumah berada di atas permukaan tanah dengan jarak yang cukup tinggi. Dan karena permukaan tanah tidak rata, maka kadang bagian depan rumah mempunyai tiang penopang dengan tinggi 2-3 meter dan bagian belakang rumah mempunyai tiang penopang dengan tinggi 13-15 meter. Tiang-tiang rumah menggunakan kayu Bitti atau Holasa yang memiliki kualitas yang baik, inilah mengapa rumah-rumah di perkampungan ini tetap kokoh walaupun telah berusia ratusan tahun.

Keunikan lain dari desa ini adalah penduduknya yang sebagian besar berusia di atas 90 tahun tetapi masih dapat melakukan aktivitas produktif seperti beternak dan berkebun.

pada waktu anda berada di pulau Selayar dan ingin mengunjungi pantai, pulau Selayar juga memiliki pantai-pantai dengan pasir putih yang sangat halus seperti, Pantai Pamatata, Pantai Tanaera, Pantai Lansangireng, Pantai Taloiya, Pantai Pabadilang, Pantai Rampang-Rampangan atau Pantai Labuang Nipaiya.

Tidak hanya keindahan pantai, Pulau Selayar juga siap menyajikan panorama bawah laut yang indah di Taman Nasional Takabonerate. Di sini ada karang atol dengan luas 220.000 hektar dan merupakan karang atol terbesar di Asia Tenggara dan terbesar ketiga di dunia.

Pendengar, keindahan pantai, laut, bangunan, kebudayaan, aktivitas masyarakat dan berbagai keunikan  alam dan masyarakat merupakan pesona Pulau Selayar yang menarik untuk dilihat dan dinikmati.

demikianlah edisi Pesona Indonesia kali ini, dengan topik Pulau Selayar yang terletak di Provinsi Sulawesi Selatan. Bila anda sedang berada di Makasar,   luangkanlah waktu  untuk menikmati keindahan dan keunikan yang ada di Pulau Selayar. Besok, kita akan berjumpa kembali dengan topik- topik menarik lainnya.// Edn  

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00