• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Pelangi Nada

Pop Kotak

5 August
12:45 2017
0 Votes (0)

Dalam rangka menyambut peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia, Kami menghadirkan lagu-lagu bernuansa kebangsaan dari grup band Kotak.

Lagu “Satu Indonesia” menggambarkan kondisi dunia. Manusia tidak saling peduli dan menilai dengan sebelah mata. Lirik lagu itu juga mengajak para pemuda-pemudi di Indonesia untuk bersatu dalam damai, cinta, dan budaya. Lagu “Satu Indonesia” adalah lagu bernuansa kebangsaan pertama yang dirilis oleh Kotak dalam album ke empatnya yang bertajuk Never Dies pada tahun 2014.

Sepuluh tahun sebelum merilis album Never Dies, grup band beraliran rock ini awalnya terbentuk dari sebuah ajang pencarian bakat. Nama Kotak memiliki arti empat sisi atau empat sudut yang bersatu menjadi sebuah kotak. Nama tersebut juga merepresentasikan empat orang yang berbeda namun bersatu dalam sebuah wadah musik. Formasi awal band Kotak kala itu terdiri dari Cella (gitar), Icez (bass), Pare (vokal), dan Posan (drum). Pada tahun 2006, posisi vokalis berpindah ke tangan Tantri, yang hingga kini menggawangi grup band Kotak dengan suaranya yang berkarakter. Pada tahun 2011, grup band Kotak kembali ditinggalkan satu lagi anggotanya. Posan sang drummer memilih hengkang untuk fokus pada proyek musiknya. Meski tinggal bertiga, Kotak tidak mengubah namanya.

Lagu lainnya dari Kotak, “Tanah Airku”. Lagu “Tanah Airku” yang menggambarkan keindahan Indonesia itu diciptakan oleh Ibu Sud. Lagu “Tanah Airku” disampaikan kembali oleh Kotak dalam album ke tujuhnya bertajuk “Long Live Kotak” pada akhir tahun 2016 silam. Perilisan album terbaru itu pun ditandai dengan kembalinya Kotak dengan formasi lengkap setelah Tantri sang vokalis kembali setelah cuti hamil sejak Januari 2016.

Selain “Tanah Airku”, grup band dengan penggemar bernama “Kerabat Kotak” itu juga memiliki satu lagi lagu bernuansa kebangsaan dalam alum “Never Dies”. Judulnya adalah “Merah Putih”. Diringi nuansa rock yang kental khas Kotak, lagu “Merah Putih” menggambarkan bagaimana bendera negara Indonesia sang saka Merah Putih menjadi penyemangat dan menyatu dengan jiwa generasi muda Indonesia. Dalam lagu tersebut, Kotak juga menyatakan bagaimana seharusnya jiwa nasionalisme harus tetap berkobar dan siap berkorban untuk Ibu Pertiwi. (Steve)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00