• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Warna Warni

Festival Budaya Dieng 2017

5 August
12:42 2017
0 Votes (0)

Festival Budaya Dieng atau Dieng Culture Festival -DCF 2017 diselenggarakan mulai hari Jumat, 4 Agustus, dan akan berakhir Minggu, 6 Agustus 2017.

Rangkaian acara inti DCF 2017 sebagian besar dilangsungkan di kompleks Candi Arjuna, Banjarnegara, Jawa Tengah.  Festival ke-14 kali ini mengusung slogan “The Spirit of Culture”. Para pengunjung disuguhkan kesakralan budaya peradaban kuno masyarakat Dieng yang dikemas dengan hiburan musik jazz dari bintang tamu, dan juga keindahan alam khas negeri di atas awan.

Menurut Slamet Budiono, Kepala Desa Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Banjarnegara, Jawa Tengah,  pada hari pertama, pengunjung akan mencicipi berbagai kuliner khas Dieng seperti mie ongklok, carica, dan purwaceng serta melihat produk kreatif dari UMKM di kompleks Dieng Plateau.

Pada malam harinya, pengunjung juga disuguhkan pertunjukan musik "Jazz di Atas Awan". Hari berikutnya, pengunjung diarahkan untuk menyaksikan panorama matahari terbit di berbagai puncak gunung Dieng Plateau, di antara yang paling terkenal yakni puncak Gunung Prau (2565 mdpl) dan Bukit Sikunir (2356 mdpl).

Ketika matahari telah naik, pengunjung akan berkeliling ke sejumlah lokasi wisata di kompleks Dieng, seperti Candi Arjuna, Kawah Sikidang, dan Telaga Warna.

Slamet Budiono menambahkan, ada kegiatan baru dalam DCF 2017, yakni Festival Caping. Ada sekitar 3.000 caping atau sejenis topi berbentuk kerucut yang umumnya terbuat dari anyaman bambu, daun pandan, atau sejenis rumputan, ataupun daun kelapa biasa digunakan petani tradisional untuk menghindari panas matahari, akan dibagikan kepada pengunjung yang memiliki tiket khusus. Selain caping, pengunjung juga akan mendapat kuas dan cat untuk berekspresi, menggambar keindahan dieng di atas caping .

Selain Festival Caping, hal baru lain dalam gelaran DCF 2017 yakni Sendratari Rambut Gembel. Dengan durasi sekitar 60 menit, wisatawan akan disuguhkan drama tari dan musik yang menceritakan sejarah legenda rambut gembel di Dieng.

Tidak hanya Festival Caping, ada juga Festival Lampion. Puncak acara akan dilaksanakan pada hari Minggu, 6 Agustus 2017, dengan mengadakan ritual pemotongan rambut anak gembel atau anak warga yang berambut gimbal. ( Devy )

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00