• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Warna Warni

Sail Sabang 2017, Puncak Sail Indonesia 2017

4 August
12:38 2017
0 Votes (0)

Sail Indonesia 2017 akan kembali digelar. Kegiatan ini mulai dari Darwin, Australia, pada Sabtu, 29 Juli 2017. Peserta Sail Indonesia akan bersandar di Sabang sebagai puncak kegiatan pada 1 Desember-7 Desember 2017.

Sail Indonesia 2017 adalah kegiatan internasional yang telah diadakan sejak tahun 2000. Kegiatan ini merupakan rally pelayaran kapal layar (yacht) dunia yang dimulai dari Darwin, Australia, untuk masuk ke wilayah perairan Indonesia dan singgah di Bali, Nusa Tenggara Timur, Kepulauan Seribu, Batam, sebelum meneruskan pelayaran mereka ke Singapura, Malaysia, dan Thailand.

Menurut Deputi Sumber Daya Manusia, Ilmu Pengetahuan Teknologi dan Budaya Maritim Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, Safri Burhanuddin, Sail Sabang 2017, yang menjadi puncak dari kegiatan Sail Indonesia 2017, mengambil tema “Sabang menuju Gerbang Destinasi Wisata Bahari Dunia”.

Selain fokus pada pengembangan pariwisata, Sail Sabang juga akan diisi dengan berbagai acara/kegiatan. Lokasi penyelenggaraannya akan berada di empat titik, yaitu; Teluk Sabang, Sabang Fair, Gapang Resort, dan Titik 0 Km. Sedangkan puncak acara akan berlangsung di Pasiran, Teluk Sabang, yang direncanakan akan dihadiri oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo. Lokasi itu juga rencananya akan dijadikan pelabuhan kargo.

Acara ini akan menampilkan berbagai kegiatan menarik, antara lain Yacht Rally, Seminar, dan Pameran Ilmu Pengetahuan, Pekan Budaya Aceh, Parade Sail Sabang, Pertunjukan Aerobatik Internasional, Kejuaraan Parasbangan, Pameran Sabang Wonderful dan Pameran Laut, Kompetisi  Fotografi Bawah Air Sabang di Pantai Iboih dan Gapang, Free Dive Championship, Lomba Memancing di sekitar Pulau Rondo, dan masih banyak lagi. Peserta juga bisa ikut tur kota ke Banda Aceh, ibu kota provinsi Aceh dan mengunjungi museum Tsunami.

Pada pembukaan Sail Sabang 2017 akan ada tarian kolosal Laksamana Malahayati. Untuk acara penutupan, akan ada upacara tradisional yang disebut Troen.

Sail Sabang 2017 diharapkan mampu memperkenalkan pesona Sabang dengan berbagai keunggulan wisata baharinya. Karena keberhasilan kegiatan Sail Sabang 2017 akan mewujudkan cita-cita pemerintah Indonesia untuk mewujudkan Sabang sebagai Pelabuhan Hub Wisata Bahari Internasional, khususnya untuk wilayah barat Indonesia. (Devy)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00