• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Pesona Indonesia

Tari Lengger

4 August
12:37 2017
0 Votes (0)

Nan Jombang Dance Company dan Komunitas Galombang Minangkabau kembali menyelenggarakan Kaba Festival 2017. Festival seni pertunjukan yang mencakup tarian, teater, dan musik tradisi tersebut diselenggarakan di Padang, Sumatra Barat, 2 hingga 5 Agustus 2017. Kaba Festival ke-4 tahun ini diselenggarakan dalam rangka memfasilitasi para seniman untuk menampilkan karya mereka, baik dalam bentuk musik, tari maupun drama yang akan di gelar di Taman Budaya Sumatra Barat. Karenanya, beragam karya seniman tersebut akan hadir sepanjang peyelenggaraan Kaba Festival. Salah satunya pertunjukan Tarian Lengger.  Tarian khas Banyumas ini ditampilkan dengan sentuhan baru.

Lengger adalah salah satu tarian tradisional dari Jawa tengah yang dimainkan oleh seorang laki – laki dan seorang perempuan. Tarian ini juga merupakan salah satu tarian klasik yang sudah ada sejak jaman dahulu. Lengger berasal dari kata ‘Le” yang berarti anak laki-laki dan kata “ger” yang berarti geger atau ramai. Karena dahulu banyak penonton laki – laki yang hadir dalam setiap pertunjukannya. Tarian ini dulunya dianggap negatif karena gerakan dan adegan dalam tarian ini dianggap mengundang birahi. Namun kemudian tarian ini diubah oleh Sunan Kalijaga  sebagai sarana dakwah dan disisipkan ajaran untuk selalu mengingat Tuhan. Sehingga banyak yang mengatakan kata lengger diambil dari kata “eleng/eling” yang berarti ingat dan “ngger” berarti nak (sebutan untuk seorang anak). Sehingga diartikan menjadi “ingatlah nak”, yakni seruan untuk mengingat pada kebesaran Tuhan.

Dalam tarian ini terdapat beberapa babak. Saat menari, gerakan tari Lengger didominasi oleh gerakan pinggul sehingga terlihat menggemaskan mengikuti irama khas Banyumasan yang lincah dan dinamis. Ada di satu babak, penari perempuan akan mengajak penonton laki-laki menari dengan menarik penonton dengan Sampur atau selendang. Selama pertunjukan, tarian Lengger diiringi oleh musik gamelan tradisional yang disebut dengan calung. Alat musik utama gamelan calung terbuat dari bambu wulung (ungu kehitaman), kenong, gambang, gong, kedang, dan beberapa alat musik tradisional lainnya. Selama musik dimainkan, ada sinden yang bernyanyi dengan merdu.

Untuk kostumnya, penari wanita biasanya menggunakan kemben, kain jarit, mahkota, dan selendang. Untuk penari pria biasanya hanya menggunakan baju panjang atau rompi, celana setinggi lutut, kain jarit sepanjang paha, ikat kepala, dan topeng. Untuk topeng yang digunakan, biasanya menggambarkan tokoh yang mereka mainkan. Tarian Lengger kini dipentaskan saat acara pernikahan dan penyambutan tamu. (Dora)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00